Breaking News

Desain Dapur Peninsula Untuk Fungsionalitas

Desain Dapur Peninsula adalah salah satu desain dapur tersibuk dan tata letak dapur yang populer bagi siapa saja yang ingin membuat zona ruang terbuka atau merangkul kehidupan dengan rencana yang rusak.

Semenanjung di peta adalah sebidang tanah yang hampir seluruhnya dikelilingi oleh air, tetapi terhubung ke daratan di satu sisi. Semenanjung di dapur sangat mirip, meski kurang basah. Terhubung ke dinding di satu sisi, semenanjung adalah tambahan yang sangat berguna untuk berbagai macam tata letak dapur dan dapat membuat dapur yang tidak menarik menjadi sangat ramah.

Desain Dapur Peninsula

“Ide Dapur Peninsula sering dilihat sebagai alternatif unit pulau besar untuk dapur kecil,” kata Daniel Bowler, Direktur, Eggersmann UK. “Memang benar, tetapi semenanjung menawarkan banyak pilihan untuk dapur apa pun. Kita berbicara tentang persiapan makanan, bar sarapan, bekerja dari rumah – bahkan bar koktail di malam hari. Kemungkinannya tidak terbatas.’

Jika Anda biasanya memulai hari Anda di dapur, dapur semenanjung dengan tempat duduk konter akan melayani Anda dengan baik. Apakah Anda ingin menambah kapasitas penyimpanan? Rencanakan banyak laci lebar di sisi dapur.

Anda mungkin ingin menggunakan semenanjung Anda untuk memasak atau mencuci, yang sangat memungkinkan karena listrik dan pipa ledeng biasanya dapat disembunyikan di bawah lemari di bawah. Terakhir, jangan lupakan soket listrik. Powerpoint pop-up memudahkan untuk mencampur smoothie pagi Anda.

1. Tambahkan kursi perjamuan di bagian belakang

Desain Dapur Peninsula

Kredit foto: Life Kitchens

“Jika Anda memiliki ide dapur terbuka, semenanjung adalah cara yang efektif dan mudah untuk membagi ruang secara visual,” kata Graeme Smith, Kepala Desain Ritel dan Komersial, Life Kitchens. Menempatkan bangku bergaya perjamuan tepat di belakang semenanjung adalah cara menghemat ruang untuk mendapatkan lebih banyak orang ke meja.

Keuntungan perjamuan dibandingkan kursi biasa adalah tidak ada ruang untuk menarik kursi atau berjalan di belakang. Dengan set perjamuan tepat di belakang semenanjung, ruang makan menjadi perpanjangan dari dapur dan tempat yang sangat sosial untuk menghibur.

2. Buat skema warna yang mulus untuk Desain Dapur Peninsula

Desain Dapur Peninsula

Kredit foto: King Celia Studio / Anna Stathaki

Di dapur terbuka, warna dan permukaan semenanjung dapat digunakan sebagai alat dekoratif untuk menciptakan desain yang kohesif antara dapur dan ruang tamu.

“Mencocokkan warna dan ketinggian meja dengan dinding yang dicat setengah tinggi di sekitar seluruh ruang tamu membantu semenanjung ini menyatu secara mulus dengan seluruh ruangan,” kata Jess Piddock, pendiri King Celia Studio.

“Penggunaan warna-warna terang yang kuat memberi energi dan menerangi dapur, sementara nada cahaya yang sama dalam aksen dan aksesori di ruang tamu melanjutkan tampilan.”

3. Bersandarlah untuk menghemat ruang

Dapur merah muda pucat dengan lantai keramik putih dan meja dapur abu-abu pucat

Kredit foto: Future Plc

Sebuah Desain Dapur Peninsula tipis mungkin tidak cukup untuk ide bar sarapan, tetapi dapat melakukan pekerjaan yang fantastis untuk menjauhkan anak-anak dari area dapur tersibuk dan paling berbahaya. Biarkan koki mendesis dan menumis tanpa takut melakukan perjalanan ke A&E.

Semenanjung praktis tersempit lebarnya sekitar 30 cm. Jika lebih tipis, permukaannya tidak akan dapat digunakan tanpa benda-benda jatuh dari belakang. Pilih rak terbuka daripada lemari tertutup di bawah untuk memudahkan akses saat ruang dapur sempit. Pintu lemari hanya menjadi penghalang.

4. Tambahkan ruang penyimpanan untuk ruang tamu Anda

Desain Dapur Peninsula

Kredit foto: Future PLC

Bagian luar semenanjung sangat bagus untuk tempat sarapan sosial, tetapi Anda tidak perlu berlebihan dengan bangku, terutama ketika ada banyak tempat duduk tambahan di dekatnya. Sebagai gantinya, gunakan ruang yang dekat dengan dinding untuk penyimpanan – hanya satu lemari cukup untuk menampung taplak meja, lampu teh, dan alas piring untuk mengatur meja dengan nyaman. Tambahkan rak anggur untuk mengosongkan ruang kabinet di jantung dapur, dan pertimbangkan rak terbuka untuk presentasi hidangan berwarna-warni yang berkarakter.

5. Nikmati pemandangan taman sambil memasak di Desain Dapur Peninsula

Desain Dapur Peninsula

Kredit foto: Future PLC / Darren Chung

Salah satu ide dapur berbentuk L yang paling sukses mencakup semenanjung sebagai elevasi terpendek, dengan elevasi terpanjang di seluruh panjang dapur. Memasang kompor di semenanjung sangat ideal untuk tuan rumah yang ramah yang suka mengobrol dengan tamu saat mereka memasak. Ini juga merupakan langkah cerdas hanya melihat ke semenanjung dari dapur – memasak di depan dinding yang kokoh hampir tidak menarik.

Pilih kompor 2-in-1 dengan ekstraksi terintegrasi untuk menghindari pandangan Anda terganggu oleh tudung ekstraktor yang mengganggu.

6. Pasang rak terbuka Desain Dapur Peninsula

Dapur abu-abu dengan lampu gantung hitam dan elemen semenanjung hitam berdiri sendiri

Kredit gambar: IKEA

Desain Dapur Peninsula dengan rak terbuka memungkinkan cahaya masuk dan meningkatkan perasaan ruang. Rak terbuka sangat populer di kalangan koki profesional karena memudahkan untuk melihat dan mengambil alat penting saat mereka sibuk di dapur.

Dari semua ide semenanjung dapur yang tersedia, ini tentu bukan untuk koki yang berantakan! Namun, jika Anda pandai menjaga barang-barang tetap rapi, kami merekomendasikan keranjang penyimpanan bergaya untuk menyembunyikan barang-barang yang lebih jelek. Semenanjung terpencil memberikan karakter dan kepribadian. Untuk nuansa desain industri, pilih rak berbingkai logam hitam yang diisi dengan panci dan wajan baja mengkilap.

7. Proses semua dinding dengan tata letak berbentuk G

Dapur terbuka putih dengan meja kerja kayu gelap dan lantai abu-abu

Kredit foto: Future PLC

Jika Anda ingin tahu bagaimana merencanakan dapur dengan penyimpanan dan ruang kerja yang maksimal, maka G-shape bisa menjadi solusi impian. Seperti namanya, dapur berbentuk G memiliki empat sisi dan berbentuk seperti huruf G besar. Seperti dapur berbentuk U, namun dengan semenanjung yang membentuk sisi ekstra.

Sebagai salah satu tata letak dapur paling populer di semenanjung, bentuk-G sangat efektif di rumah-rumah besar dengan konsep terbuka karena semenanjung membantu memisahkan dapur dari ruang tamu. Bulatkan sudut meja semenanjung untuk aliran ergonomis antar kamar.

8. Bergaya panjang dan ramping, gaya dapur

Dapur dapur kayu lapis dengan semenanjung marmer di sekitarnya

Kredit foto: Pluck Kitchens / Malcolm Menzies

Sebuah Desain Dapur Peninsula tidak harus tegak lurus dengan unit dapur utama; itu juga dapat berjalan paralel sebagai bagian dari pengaturan dapur. Dengan tempat duduk yang berguna di bar sarapan, tata letak bergaya dapur semenanjung ini memainkan peran perpisahan yang penting dan tidak biasa tetapi sangat praktis, terutama di rumah teras tengah yang sempit.

Jika Anda membawa meja yang menarik perhatian seperti marmer Bianco Ramigiatto ini ke lantai – gaya air terjun – dampak desain semenanjung Anda akan ditingkatkan secara serius. Gunakan lampu gantung yang bergaya untuk menambahkan kehadiran ke semenanjung kecil, dan pilih kursi bar dengan sentuhan mewah untuk menambah pesona.

9. Bagi dan taklukkan dengan bentuk-U

semenanjung dapur ubin hijau mint dengan meja kerja kayu berkualitas tinggi dan kursi bar

Kredit foto: Future PLC

Denah lantai terbuka berbentuk U pada dasarnya memiliki semenanjung di dua sisi – seperti lengkungan. Desain dapur ini akan menjaga area memasak Anda tetap bersih tanpa menghalangi cahaya. Ini adalah salah satu ide desain terbaik untuk ruang tamu multifungsi persegi yang besar.

Sebuah overhang pendek di salah satu ujung – tidak lebih dari satu kaki sudah cukup – adalah semua yang Anda butuhkan untuk menambahkan bar sarapan. Pilih bangku yang bersembunyi langsung di bawah saat tidak digunakan untuk meningkatkan aliran ke bagian lain rumah.

10. Kendalikan belokan Desain Dapur Peninsula

Dapur panel kayu gelap dengan meja dapur serba putih dan lampu gantung biru

Kredit foto: Future Plc / Colin Poole

Hampir setiap tata letak semenanjung dilengkapi standar dengan sudut. Jika Anda ingin meminimalkan kedalamannya yang gelap dan memakan ruang, tata letak berbentuk L yang sederhana adalah pilihan terbaik karena hanya memiliki satu sudut untuk ditangani. Bentuk U memiliki dua sudut dan tata letak dapur semenanjung berbentuk G memiliki tidak kurang dari tiga!

Lemari sudut tidak semuanya buruk selama Anda tahu cara melihat ke dalam. Jawabannya adalah memasang mekanisme penyimpanan internal hemat-ruang khusus yang menarik isinya keluar ke arah Anda alih-alih berlutut dan menggali jauh ke dalam. Perancang dapur merekomendasikan unit Le Mans yang dimodelkan di arena pacuan kuda yang terkenal dan memiliki rak yang meluncur dengan lembut ke dalam ruangan.

Apa itu Desain Dapur Peninsula?

Sebuah semenanjung seperti unit pulau, kecuali bahwa salah satu ujungnya menempel pada dinding. Anda dapat menambahkan semenanjung ke ide tata letak dapur populer untuk menambahkan ruang persiapan dan penyimpanan ekstra ke denah lantai. Saat Anda menambahkan semenanjung ke satu dapur, itu menjadi berbentuk L. Saat Anda menambahkan semenanjung ke bentuk L, itu menjadi bentuk U, sedangkan bentuk U dengan semenanjung dikenal sebagai bentuk G.

Mungkin yang terbaik adalah tidak terjebak dalam terminologi, hal utama adalah bahwa semenanjung memiliki kekuatan untuk membuat dapur apa pun jauh lebih fleksibel. Di dapur yang sangat luas, Anda bahkan dapat menambahkan semenanjung ke denah lantai yang sudah memiliki pulau dan menggunakan pulau hanya untuk memasak dan semenanjung hanya untuk makan. Membayangkan.

Apa keuntungan dari Desain Dapur Peninsula?

“Di dapur yang lebih kecil, tata letak semenanjung sering kali bisa menjadi alternatif yang lebih baik daripada dapur dengan pulau yang berdiri sendiri yang memakan cukup ruang di seluruh perimeternya. Sebuah semenanjung kurang memakan ruang, tetapi masih menawarkan penyimpanan dan kapasitas multitasking yang sama seperti sebuah pulau, ”jelas Richard Moore, Direktur Desain, Martin Moore.

Karena tidak ada apa-apa di atas semenanjung kecuali satu atau dua lampu gantung, itu bisa menjadi tempat yang lebih menyenangkan untuk memotong dan memasak daripada permukaan kerja yang tersembunyi di bawah lemari dinding. “Semenanjung juga bisa menjadi pembatas ruangan yang sangat efektif – sempurna untuk memisahkan zona memasak dari area sosial,” tambah Richard.

Seberapa luas dapur Anda untuk sebuah semenanjung?

Agar semenanjung menjadi fitur yang berguna dan bukan penghalang atau penghalang yang mengganggu navigasi, lebar pintu masuk ke ruang memasak Anda adalah dimensi yang paling kritis. Angka ajaib di sini adalah 90cm / 36in, yang seharusnya memungkinkan Anda untuk masuk dan keluar tanpa memukul pinggul Anda!

Untuk mengetahui seberapa luas dapur Anda untuk semenanjung, ukurlah 90 cm dari dinding dan lihat apa lagi yang bisa Anda mainkan. Tidak ada aturan yang sulit, tetapi Anda harus membidik semenanjung yang lebarnya setidaknya tiga kaki. Ukuran ini memungkinkan beberapa bangku di luar.

Ingatlah bahwa menambahkan semenanjung ke tata letak dapur Anda akan mengubah deretan unit lurus yang mudah diakses menjadi bentuk-L dengan sudut yang kurang dapat diakses, sehingga keuntungannya harus lebih besar daripada kerugiannya.

Check Also

Apa keuntungan dari Cerobong Asap Dapur?

Tertarik menggunakan Cerobong Asap Dapur? Mendesain dapur menjadi salah satu perspektif terpenting dalam mendesain interior …