Cara Membuat Lorong Sempit Terlihat Lebih Lebar

  • kalila
  • Oct 28, 2021

Lorong sempit adalah salah satu area rumah yang paling sulit untuk diketahui cara mendekorasi terbaik. Jika lorong Anda kekurangan ruang dan cahaya, apakah Anda sedang mencari ide bagaimana membuat lorong sempit terlihat lebih lebar? Tidak perlu mencari lagi, kami sedang meneliti trik penataan sederhana dan meminta pakar warna untuk berbagi ide imajinatif mereka untuk membuat pintu masuk kecil tampak lebih besar.

Trik melukis yang dipikirkan dengan baik dan ide penyimpanan yang cerdas bisa sangat membantu menciptakan rasa ruang, bahkan jika itu tidak benar-benar ada dalam ide lorong sempit yang ada.

Cara membuat lorong sempit terlihat lebih luas

Lorong kecil yang bermasalah adalah tempat yang tepat untuk bereksperimen dengan ide warna yang lebih berani. “Untuk menghindari perasaan dipeluk oleh beruang yang terlalu ramah di lorong sempit, warnanya harus pucat dan sumber cahayanya multiarah,” saran Marianne Shillingford, Direktur Kreatif Dulux.

‘Warna pucat membuat ruangan kecil tampak lebih besar.’ Namun, jika Anda mencari warna jenuh yang trendi, jangan khawatir, ide warna yang tepat dapat membuat nada yang lebih gelap terlihat sama bagusnya.

Terlepas dari gaya dan palet warna Anda, pintu masuk yang rapi yang akan membuat Anda tersenyum setiap kali Anda berjalan pulang adalah tujuan akhir untuk ide lorong apa pun.

Baca terus untuk mengetahui cara membuat lorong sempit terasa lebih lebar dan lapang.

1. Rendam ruangan jika Anda lebih suka warna gelap

Lorong biru laut

Kredit foto: Future PLC

Jika Anda menginginkan warna gelap yang trendi seperti biru tua, hampir hitam, dan warna antrasit, taruhan terbaik Anda adalah menggunakan semuanya. Yang kami maksud adalah “Color Drenching”, istilah yang terus muncul dalam tren cat saat ini. Ini berarti mengecat semua permukaan, dinding, sampai ke alas tiang dan bahkan langit-langit.

“Warna gelap dapat memiliki efek magis di lorong jika semuanya direndam dalam warna yang sama dari lantai hingga langit-langit,” saran Marianne. ‘Memiliki pencahayaan yang bagus dan banyak karya seni untuk menghidupkannya.’

“Efek visual menghubungkan semua sudut dan dinding bersama-sama sehingga Anda memiliki perasaan bahwa ruang tidak ada habisnya. Ini bukan untuk menjadi lemah hati, namun. Jadi, jika Anda bukan penggemar berat efek dramatis, lanjutkan dengan hati-hati dan pilih nada sedang daripada nada yang sangat rendah. ‘

2. Declutter untuk menciptakan kesan ruang Lorong Sempit

lorong putih dengan dinding penyimpanan terangkat

Kredit foto: Future PLC / Jo Henderson

Ruangan yang rapi akan selalu terasa lebih besar, baik di rumah. Terutama area pintu masuk yang sempit karena area koridor kecil tidak perlu terlalu sesak dengan benda-benda yang menghalangi jalan.

Semakin ramping suatu area koridor, semakin baik kualitas cahaya yang tentunya memberikan kontribusi besar untuk membuat ruangan lebih luas dan lebih lapang.

Pertama, pilihlah ruang penyimpanan yang minimal, jadi hindari meja atau rak yang menurut Anda tidak “penting”. Simpan barang-barang di ruang penyimpanan pilihan Anda untuk memastikan mantel dan sepatu, dll. tidak mengalihkan perhatian mata saat Anda berjalan ke area lorong sempit. Tingkatkan ruang penyimpanan agar seluruh lantai tetap terlihat untuk menambah denah lantai.

3. Buat tinggi pinggang dengan warna kontras

koridor putih dicat dengan warna biru laut di bawah dado

Kredit foto: Douglas Gibb

Menggunakan dua warna kontras untuk membagi dinding adalah trik desainer interior klasik untuk mendorong langit-langit menjauh – dan secara efektif menciptakan ilusi bahwa ruangan itu lebih besar dari itu. Perancang interior terkenal Kelly Hoppen menyukai ide cerdik melukis koridor sempit ini – untuk membuat ruangan tampak lebih besar. Direkomendasikan: “Cat di lorong, tetapi hanya di pinggang Anda,” saran Kelly dengan ahli.

Ini kemudian menjelaskan teori mengapa Anda hanya mengecat bagian bawah dinding di ruang sempit, “dengan demikian membingkainya (ruangan)”. Penggunaan warna yang cerdas ini membantu memecah koridor dinding yang kokoh.

Di lorong yang sangat sempit, cat bagian bawah dinding sedikit kurang dari setinggi pinggang – terutama jika Anda menggunakan cat gelap. Ini mencegah nada yang lebih gelap menjadi berlebihan dan memiliki efek sebaliknya membuat ruang seperti koridor terasa lebih terbuka.

4. Gunakan skema warna putih seluruhnya

Lorong putih dengan meja konsol dengan lampu perak yang serasi

Kredit foto: Future PLC / James French

Jika ragu tentang warna-warna berani, ambil inspirasi dari saran aman-gagal Marianne dan jaga agar warnanya tetap pucat. Tidak ada yang mengalahkan cat putih terbaik untuk ide lorong putih bersih, yang bergantung pada seberapa banyak cahaya alami yang diterima lorong sempit sepanjang hari. Tambahkan lampu multi arah untuk menyempurnakan skema warna serba putih setelah siang hari memudar.

5. Cat dinding terjauh Lorong Sempit dengan warna yang lebih kuat

lorong putih dengan dinding abu-abu gelap dengan cermin bundar

Kredit foto: Future PLC

Berkreasilah dengan ide dinding fitur alternatif. “Trik yang bagus untuk menambahkan ukuran ke koridor sempit yang panjang adalah mengecat dinding dengan warna yang sangat pucat (atau putih) dan dinding terjauh dengan warna yang lebih berani,” saran Marianne.

“Warna yang dalam secara visual menarik perhatian Anda dan memantul ke arah Anda, membuat ruangan terasa jauh lebih besar dan lebih luas.”

6. Tambahkan refleksi dan cahaya dengan cermin

Lorong dengan tirai pintu bermotif hijau

Kredit foto: Lizzie Orme

Cermin adalah solusi desain yang bagus untuk banyak masalah interior, terutama ketika membuat ruang kecil terlihat lebih besar. Ide cermin lorong adalah cara sederhana namun sangat efektif untuk menyambut cahaya ke area lorong. Semakin ringan dan ringan lorong sempit yang terasa, semakin tidak tertutup dan kecil kelihatannya.

Cermin sederhana juga menyambut refleksi kembali ke ruang kecil, yang dapat membantu memperluas pelacakan area terbatas.

7. Pilih warna biru dan hijau yang keren

Lorong sempit berwarna biru pucat dan putih

Kredit foto: Future PLC / Jamie Mason

Pertimbangkan skema warna lorong yang keren untuk membuka ruang. “Warna dingin seperti warna biru dan hijau lembut membuatnya terlihat lebih besar karena mereka surut secara optik,” kata Marianne. “Artinya, dinding tempat mereka dicat terlihat agak jauh dari kita.”

Efek tromp l’oeil ini mengubah perspektif dan membuat aula sempit tampak lebih luas dan lebih lapang. Pastikan untuk menyimpan aksesori dan barang-barang penyimpanan seminimal mungkin untuk menghindari menutupi dinding secara berlebihan dengan warna-warna dingin.

8. Berikan kedalaman dinding Lorong Sempit dengan kelongsong

Kredit foto: Colin Poole

Cara lain untuk mengambil trik warna ini lebih jauh adalah dengan menambahkan ide pelapis dinding yang trendi. Ini paling efektif hanya pada satu dinding, seperti yang ditunjukkan contoh lorong ini – ini membantu menggeser keseimbangan ruang sempit. Seolah mendorong satu dinding menjauh dari yang lain, detail dekoratif membuat mata percaya bahwa ruang antara dua dinding jauh lebih besar.

9. Menerangi ruangan dengan baik

Kredit gambar: IKEA

Ruangan yang cukup terang selalu terlihat lebih baik dengan pencahayaan yang tepat. Ide pencahayaan lorong yang dipikirkan dengan matang memastikan lorong yang sempit terlihat lebih menarik dan luas. Untuk lorong langsung dengan nuansa seperti koridor, letakkan pencahayaan di tengah langit-langit untuk menciptakan kumpulan cahaya di tengah ruangan. Ide ini adalah untuk mendorong dinding hampir keluar dari titik paling ringan untuk membuatnya terasa lebih lebar.

Jika lorong sempit langsung mengarah ke tangga sehingga pencahayaan bisa terlihat, cobalah wall sconce. Ada jalan setapak menaiki tangga dengan lampu di kedua sisi untuk membingkai ruang. Cahaya yang kuat di setiap sisi menarik perhatian dan menyoroti tangga. Sedangkan lampu langit-langit dapat membuat bayangan di dinding, yang pada gilirannya menarik mereka alih-alih mendorongnya menjauh.

10. Cobalah kombinasi warna yang menenangkan

Skema warna lorong Dulux

Kredit gambar: Dulux

“Cobalah kombinasi warna seperti Cornflower White di dua pertiga bagian atas dinding dan langit-langit dengan pita bawah Dulux Color of the Year 2022 Bright Skies untuk pengalaman kamar terbaik,” saran Marianne.

Kombinasi dua kap lampu dengan cara apa pun memastikan bahwa ruangan itu penuh dengan kepribadian, tetapi juga dengan kecerahan – yang membantu membuka area lorong yang sempit.

Related Post :