Breaking News

Anjuran dan Larangan Proyek Listrik DIY

Memutuskan untuk mengambil proyek listrik DIY bisa menjadi cara yang bagus untuk menghemat uang dan menyelesaikan pekerjaan persis seperti yang Anda inginkan. Namun, pekerjaan listrik bisa berbahaya jika tidak dilakukan dengan benar. Sebelum memulai proyek apa pun, penting untuk membiasakan diri Anda dengan dasar-dasar keselamatan listrik. Setelah Anda memahami risiko yang terlibat, berikut adalah 11 hal yang harus dan tidak boleh dilakukan untuk membantu Anda menyelesaikan proyek Anda dengan aman dan sukses.

Diperbolehkan

Dapatkan Izin

Bahkan jika Anda hanya melakukan proyek kecil, mendapatkan izin dan inspeksi yang tepat dari kotamadya setempat sangat penting. Kegagalan untuk melakukannya dapat mengakibatkan denda besar dan kuat atau pekerjaan Anda dikutuk. Mendapatkan izin juga akan membantu memastikan bahwa proyek Anda sesuai dengan kode dan aman untuk Anda dan keluarga Anda.


Selain itu, mendapatkan izin dapat membantu melindungi polis asuransi rumah Anda. Jika Anda mengalami kecelakaan saat mengerjakan proyek Anda, perusahaan asuransi Anda mungkin menolak untuk membayar jika Anda tidak memiliki izin.

Periksa Pekerjaan Anda Sebelum Menghidupkan Kembali Daya

Pertama, periksa semua koneksi untuk memastikannya kencang dan aman. Selanjutnya, lihat kabel untuk memastikan tidak ada untaian longgar atau kabel yang terbuka. Terakhir, uji semuanya dengan menyalakan lampu atau alat yang dicolokkan ke sirkuit.

Jika semuanya berfungsi dengan benar, Anda dapat membalik sakelar untuk menghidupkan kembali. Namun, jika Anda melihat ada masalah, sebaiknya hubungi tukang listrik berlisensi untuk datang dan melihat.

Pakai Alat Pelindung

Mengenakan alat pelindung yang tepat sangat penting untuk memastikan keselamatan Anda saat mengerjakan proyek kelistrikan. Ini termasuk sarung tangan, kacamata, dan masker wajah. Sarung tangan melindungi tangan Anda dari guncangan dan luka bakar, dan kacamata pelindung mencegah percikan api masuk ke mata Anda. Masker wajah melindungi paru-paru Anda dari menghirup asap berbahaya.

Gunakan Isolasi yang Tepat

Isolasi akan membantu melindungi Anda dari guncangan dan juga mencegah kebakaran. Saat bekerja dengan listrik, penting untuk selalu berhati-hati dan menggunakan lebih banyak insulasi daripada lebih sedikit. Berbagai jenis insulasi tersedia, jadi sangat penting untuk memilih yang paling cocok untuk proyek tersebut.

Gunakan Alat yang Tepat

Ini tidak hanya akan membantu memastikan proyek yang aman dan sukses, tetapi juga akan membuat pekerjaan menjadi lebih mudah. Misalnya, saat bekerja dengan kawat, Anda memerlukan satu set pemotong dan penari telanjang kawat yang bagus, yang dapat Anda temukan di sini. Sebelum Anda mulai bekerja, Anda juga memerlukan penguji tegangan untuk memastikan tidak ada arus listrik. Anda juga memerlukan obeng untuk mengencangkan atau mengendurkan sekrup.

Proyek Listrik

Larangan

Jangan Lakukan Jika Anda Tidak Nyaman

Anda hanya boleh mencoba pekerjaan listrik jika Anda merasa nyaman melakukannya. Ini berarti mengenal dasar-dasar teori kelistrikan dan mengetahui cara menggunakan alat dan bahan dengan aman.

Jika Anda tidak merasa yakin dengan kemampuan Anda untuk menyelesaikan proyek dengan aman, sebaiknya serahkan pada profesional. Ini tidak hanya akan memastikan bahwa pekerjaan dilakukan dengan benar, tetapi juga akan membantu menghindari potensi kecelakaan.

Jangan Memotong Sudut

Ini mungkin tampak jelas, tetapi penting untuk diingat bahwa bahkan jalan pintas kecil dapat menyebabkan masalah besar. Misalnya, kegagalan untuk menghubungkan stopkontak listrik dengan benar dapat menyebabkan bahaya sengatan listrik, dan pemasangan kabel yang tidak benar dapat menimbulkan risiko kebakaran.

Selain itu, bahkan pelanggaran kode yang tampaknya kecil dapat mengakibatkan denda dan perbaikan yang mahal. Untuk menghindari masalah ini, yang terbaik adalah selalu mengikuti semua instruksi dengan hati-hati dan berkonsultasi dengan a tukang listrik profesional jika diperlukan.

Jangan Bekerja Sendiri

Meskipun menemukan seseorang untuk membantu Anda dengan proyek listrik sederhana mungkin tampak merepotkan, tidak ada gunanya mempertaruhkan hidup Anda. Jika terjadi kesalahan, dua orang jauh lebih siap untuk menghadapi situasi daripada satu orang. Memiliki seseorang yang hadir juga dapat memberikan pandangan ekstra untuk memastikan semuanya dilakukan dengan aman dan benar.

Jangan Gunakan Kabel Rusak

Kabel berjumbai telah mengekspos tembaga atau menunjukkan tanda-tanda keausan dan harus segera diganti. Tidak hanya kabel yang rusak merupakan bahaya kebakaran, tetapi juga dapat menyebabkan sengatan listrik.

Saat mengganti kabel, selalu gunakan kabel baru yang berukuran sama atau lebih besar dari kabel yang ada. Jangan pernah mencoba memperbaiki sendiri kabel yang rusak, karena ini adalah pekerjaan yang sebaiknya diserahkan kepada ahli listrik profesional. Jika Anda tidak yakin apakah kabel rusak, selalu lebih baik berhati-hati dan menggantinya.

Penting juga untuk memastikan bahwa semua perkabelan di proyek Anda diberi peringkat untuk voltase yang akan Anda gunakan. Menggunakan kabel yang tidak memiliki voltase yang sesuai juga dapat menyebabkan kebakaran dan sengatan listrik.

Jangan Membebani Sirkuit

Sirkuit kelebihan beban adalah salah satu kesalahan paling umum saat melakukan proyek listrik DIY. Sangat penting untuk memahami berapa banyak daya yang digunakan peralatan dan perangkat Anda sehingga Anda dapat menghitung jumlah total energi yang dibutuhkan untuk keseluruhan proyek.

Setelah Anda memiliki perkiraan kebutuhan daya yang masuk akal, pilih pemutus arus atau sekering yang dapat menangani beban yang diproyeksikan. Penting juga untuk mendistribusikan beban secara merata di semua sirkuit yang tersedia. Mencoba menjalankan terlalu banyak perangkat pada satu sirkuit dapat dengan cepat membebaninya, menyebabkan perbaikan yang mahal atau bahkan kebakaran.

Jangan Mencoba Melakukan Terlalu Banyak Sekaligus

Mungkin tergoda untuk mengambil proyek besar dan mencoba menyelesaikannya dalam satu akhir pekan, tetapi ini bisa menjadi resep bencana. Tidak hanya penting untuk memiliki rencana yang jelas sebelum memulai pekerjaan apa pun, tetapi juga penting untuk meluangkan waktu untuk melakukan pekerjaan dengan benar.

Bergegas melalui proyek listrik dapat menyebabkan pekerjaan ceroboh dan kesalahan yang berpotensi berbahaya. Jika Anda merencanakan proyek listrik DIY, luangkan waktu Anda dan fokus pada satu tugas pada satu waktu.

Proyek listrik bisa sangat menyenangkan tetapi juga memiliki risiko. Anda bisa menyetrum diri sendiri atau menyalakan api jika tidak hati-hati. Sebelum Anda memulai proyek kelistrikan apa pun, baca dan ikuti petunjuk keselamatan dengan cermat. Dan jika Anda pernah ragu, itu selalu yang terbaik untuk panggil profesional. Dengan mengingat tip-tip ini, kami harap Anda bersenang-senang dengan proyek listrik DIY Anda berikutnya!

Check Also

Renovasi Properti Sewa untuk Meningkatkan Nilai

Sebagai investor real estat atau seorang manajer properti dengan properti sewaan di bawah pengawasan Anda, …