6 Ide Desain Interior Ramah Lansia Dan Manula

Bagaimana sih Ide Desain Interior yang ramah untuk para manula? Seiring bertambahnya usia generasi baby boomer dan biaya perawatan jangka panjang meningkat, begitu pula jumlah manula yang menua secara lokal. Tren ini juga terlihat pada manula yang hidup lebih lama dan menikmati gaya hidup yang lebih aktif dan lebih hidup daripada generasi sebelumnya.

Tak heran jika banyak manula yang ingin tinggal di rumah mereka selama mungkin, mengingat mereka telah membesarkan keluarga di sana selama beberapa dekade. Dan yang lain memilih untuk menua secara lokal karena tingginya biaya hidup berbantuan dan komunitas pensiun. Selain itu, teknologi dan berbagai layanan, seperti pengiriman makanan ke rumah, memungkinkan orang tua untuk hidup mandiri di dalam empat dinding mereka sendiri. Sementara orang dewasa yang lebih tua mungkin tidak selalu cenderung untuk tetap mandiri, desain rumah ramah usia dapat dirancang agar mereka dapat tinggal di tempat lebih lama.

Dalam artikel berikut Anda akan menemukan tips tentang cara merombak rumah Anda untuk meningkatkan kemandirian dan keamanan orang dewasa yang lebih tua dan membuat rumah lebih nyaman bagi mereka.

Ide Desain Interior Lantai ramah lansia

Saat memilih lantai untuk lansia, penting agar tidak tergelincir dan penghuninya tidak terluka dan mudah dirawat. Hindari lantai batu yang dipoles dan ubin keramik, karena menjadi licin saat basah, untuk mencapai desain rumah yang ramah senior. Dibandingkan dengan lantai keras tradisional, lantai lunak seperti gabus, karet, dan linoleum mengurangi dampaknya. Pertimbangkan untuk meletakkan permadani di lantai sebagai gantinya jika Anda tidak memiliki pilihan untuk mengganti lantai. Sebagai manfaat tambahan, meletakkan karpet halus yang direkatkan ke lantai akan mengurangi kemungkinan jatuh dan trauma. Permukaan yang lebih lembut ini tidak hanya lebih nyaman untuk sambungan, tetapi juga tidak menimbulkan bahaya tersandung, seperti halnya karpet dengan tumpukan yang dalam atau karpet yang terlalu empuk.

Jaga agar lantai sehalus dan sedatar mungkin. Saat perubahan level tidak dapat dihindari, beri tanda dengan perubahan bahan, tekstur, atau warna, tetapi hindari pola atau permukaan yang sangat reflektif yang dapat memengaruhi persepsi kedalaman.

Ide Desain Interior

Pencahayaan ramah senior

Ide Desain Interior ramah usia menunjukkan bahwa pencahayaan di rumah jompo harus cukup. Semua bagian rumah harus diterangi dengan baik, karena pencahayaan yang efisien dapat membuat orientasi lebih mudah bagi para penatua keluarga dan risiko cedera diminimalkan. Jika Anda perlu bergerak di malam hari untuk menggunakan kamar mandi, misalnya, lampu malam sangat membantu. Dan jika listrik padam, penerangan darurat harus berguna – mereka harus dipasang di tangga, di dapur, dan di pintu keluar. Mengingat keterbatasan mobilitas manula, sakelar untuk lampu ini harus diletakkan di tempat yang mudah dijangkau.

Terakhir, pastikan rumah memiliki jendela yang cukup untuk membiarkan cahaya alami masuk. Seiring bertambahnya usia, terapi sinar matahari menjadi semakin berharga untuk mengobati depresi Anda. Selain itu, ia menyediakan vitamin D, yang diperlukan untuk penyerapan kalsium. Pintu kaca dan skylight juga bisa membiarkan sinar matahari masuk ke rumah Anda.

Ide Desain Interior Ruang tamu ramah lansia

Pastikan tata ruang ruang tamu memungkinkan ruang bagi lansia untuk bergerak tanpa menabrak apa pun. Desain rumah ramah senior membutuhkan denah lantai yang jelas dan rapi untuk perjalanan yang nyaman. Karena itu, sofa berbentuk L dan meja bundar akan ideal untuk menciptakan ruang tamu dengan mudah dan elegan. Aturan praktis untuk penataan furnitur yang cerdas untuk desain rumah ramah usia adalah tidak mengganggu arus lalu lintas di seluruh ruangan.

Kamar mandi ramah lansia

Jelas bahwa kamar mandi membuat manula rentan. Untuk alasan ini, perangkat yang berguna seperti pegangan tangan atau pegangan kamar mandi untuk manula dapat dipasang karena memudahkan orang yang kurang beruntung untuk masuk dan keluar dari area pancuran. Bilah pegangan kamar mandi untuk manula menawarkan stabilitas tambahan saat duduk atau berdiri serta dukungan tambahan. Atau, mereka dapat bertindak sebagai gantungan handuk. Rel pengaman juga harus dipasang ke toilet atau lokasi lain di ruangan di mana seseorang membutuhkan bantuan. Selain itu, pancuran tangan seringkali lebih mudah digunakan daripada pancuran tetap untuk orang dengan mobilitas terbatas. Maka kamar mandi ramah usia harus selalu memiliki ekstensi telepon jika seseorang mendapat masalah sehingga dia dapat meminta bantuan.

Ide Desain Interior

Ide Desain Interior Dapur ramah lansia

Dianjurkan untuk fokus pada dapur karena anggota keluarga yang lebih tua mungkin ingin mengambil alih memasak. Lampu tersembunyi di bawah rak menerangi meja secara efektif. Seiring bertambahnya usia, berdiri untuk waktu yang lama menjadi semakin sulit. Jadi jangan lupa untuk menyertakan area di mana manula bisa duduk untuk menyiapkan makanan. Jika manula cenderung menggunakan oven di dapur, oven dinding dengan ketinggian yang tepat dapat memberikan kenyamanan lebih.

Furnitur ramah senior

Di dalam rumah, semua perabotan harus diletakkan sedemikian rupa sehingga para manula bisa leluasa bergerak. Yang terbaik adalah menyimpan barang-barang yang sering digunakan di lemari dasar sehingga mudah diakses. Di kamar tidur ramah usia, rel tempat tidur atau meja kecil harus ditempatkan di samping tempat tidur untuk penyimpanan kacamata, telepon, obat-obatan, dan air yang nyaman. Selain kamar tidur yang ramah usia, hal-hal kecil seperti gagang pintu juga harus dimodifikasi. Kebanyakan orang mungkin tidak menyadari betapa sulitnya memutar kenop pintu, tetapi mereka yang menderita radang sendi atau kondisi medis lainnya dapat merasa cukup sulit. Anak-anak dan orang tua sering merasa bahwa menggunakan gagang pintu lebih nyaman daripada menggunakan gagang pintu. Gagang pintu juga lebih mudah dioperasikan jika tangan Anda basah dan licin atau jika Anda memegang sesuatu dengan kedua tangan. Dalam hal ini, Anda masih dapat menggunakan lengan Anda untuk membuka pintu.

Layanan kesehatan dan sosial sangat penting bagi manula, tetapi perlu diingat bahwa bahkan perubahan kecil dalam desain dapat berdampak besar pada kehidupan manula. Seiring bertambahnya usia, tugas-tugas sederhana seperti menaiki tangga atau bangun dari kursi menjadi sulit untuk diselesaikan. Serta, aktivitas ini dilakukan setiap hari untuk manula. Oleh karena itu penting untuk mencari cara untuk merancang rumah yang sesuai dengan usia sedemikian rupa sehingga manula yang aktif menjadi semandiri mungkin. Perubahan ini memungkinkan manula untuk melakukan aktivitas mereka dengan mudah, menyederhanakan perawatan dan Ide Desain Interior, mengurangi risiko harian, dan menikmati rumah yang lebih aman yang mendukung penuaan aktif.

dekorasi ikea dekorasi natal di rumah sederhana dekor minimalis dekorasi minimalis dekorasi natal sederhana dekorasi rumah natal dekorasi ruangan minimalis dekorasi tunangan simple di rumah dekorasi ruang tamu sederhana dekor ruang tamu sederhana dekorasi ruang keluarga minimalis dekorasi rumah kecil dekorasi rumah sederhana dekorasi interior dekorasi rumah minimalis sederhana dekor rumah minimalis sederhana dekorasi ruang tamu minimalis dekor ruang tamu minimalis dekorasi rumah minimalis dekorasi natal di rumah dekor natal di rumah mendekorasi rumah minimalis dekorasi ruang makan dekorasi rumah minimalis modern dekor rumah minimalis modern dekorasi ruang tamu dekorasi tunangan dekor ruangan dekorasi ruang dekorasi rumah aesthetic dekorasi apartemen dekorasi backdrop lamaran dekorasi apartemen studio dekorasi interior rumah minimalis dekorasi apartemen kecil

Check Also

Liburan pantai yang santai di Inverloch, Australia

Saya memulai minggu ini dengan sebuah apartemen liburan yang indah di Kefalonia (kolam ini!) – …