Breaking News

Tips Sukses Mendesain Ruang Tamu Anda

Mendesain Ruang Tamu Anda bisa sangat menegangkan. Ada banyak kesalahan yang dapat Anda lakukan bahkan ketika mempertimbangkan dengan cermat berbagai aspek ruang tamu Anda, seperti bagaimana memilih sofa yang tepat. Kemudian, menentukan tata letak ruang tamu Anda, atau bahkan di mana Anda harus meletakkan TV Anda.

Untuk membantu Anda dengan semua ini, saya telah menyusun daftar yang menawarkan tip untuk menghindari. Serta, memperbaiki kesalahan paling umum yang dilakukan orang saat mendesain ruang keluarga mereka.

Jangan ragu untuk memilih dan memilih kiat mana yang akan dibaca berdasarkan masalah yang menurut Anda mungkin relevan bagi Anda. Jika daftar saya tidak cukup lengkap untuk Anda atau tidak secara resmi memberikan jawaban untuk masalah Anda.

Salah satu bagian terpenting dari sebuah rumah adalah ruang tamu. Sehingga merupakan ruang yang harus dirancang dengan pertimbangan dan persiapan yang matang.

Setiap kesalahan dalam mendesain ruang tamu Anda dapat membuat calon pengunjung tidak datang atau membuat Anda merasa kurang puas.

Namun, dengan tips praktis ini, mendesain ruang tamu Anda bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan dan bebas stres.

Tip Mendesain Ruang Tamu #1 – Rencanakan tata letak Anda.

Saat mendesain ruang seperti ruang tamu, mudah untuk terjebak memikirkan skema warna dan furnitur bahkan sebelum Anda memikirkan tata letak ruangan.

Tetapi mencari tahu tata letak Anda terlebih dahulu akan membantu Anda membuat pilihan cerdas dalam hal apa yang harus dibeli dan bagaimana merancang sisanya.

Cara yang bagus untuk mulai merencanakan tata letak Anda adalah dengan menggunakan selotip pelukis. Anda dapat menandai di lantai Anda di mana setiap perabot akan ditempatkan. Hal ini yang akan memberi Anda gambaran apakah ruang tersebut berfungsi atau tidak.

Penting untuk mempertimbangkan fungsi ruangan itu saat mendesain tata letak Anda.

Misalnya, jika Anda ingin ruang tamu Anda menjadi tempat untuk menjamu tamu dan mengadakan pesta besar, denah lantai terbuka bekerja paling baik karena memungkinkan lebih banyak gerakan dan keterlibatan.

Jika Anda mencari sesuatu yang lebih nyaman, dengan lebih banyak privasi, bagilah ruang Anda dengan furnitur atau permadani—ini adalah trik yang membuat ruang terkecil pun tampak nyaman dan intim.

Tip #2 – Ukur furnitur Anda.

Setelah Anda memutuskan bagaimana ruang Anda akan berfungsi, ukur semuanya—dua kali!

Penting bagi Anda untuk mengetahui ukuran yang tepat dari setiap perabot sehingga ketika Anda akan membelinya, Anda akan tahu persis apa yang cocok dengan ruang Anda.

Sama seperti yang akan Anda lakukan saat mendesain ruangan lain, Anda harus mengukur ukuran furnitur Anda saat merencanakan tata letak ruang tamu Anda.

Anda ingin memastikan bahwa ada cukup ruang di antara perabot Anda untuk bergerak dengan nyaman, dan sofa tidak terlalu dekat dengan dudukan TV atau perapian jika ada.

Jika Anda bekerja dengan ruang kecil, ini sangat penting—Anda tidak ingin memiliki terlalu banyak ruang besar dalam satu ruangan, karena akan tampak sesak dan tidak nyaman, bahkan jika secara teknis ada cukup ruang bagi orang untuk duduk. sofa dan menonton TV dengan mudah.

Memiliki jumlah ruang yang tepat di antara setiap perabot akan membantu memastikan ruangan terasa nyaman dan mengundang siapa pun yang datang.

Mendesain Ruang Tamu

Tip Mendesain Ruang Tamu #3 – Memilih kain yang tepat.

Kain adalah alat yang ampuh untuk mendesain ruang tamu Anda. Anda dapat menggunakannya untuk membawa warna dan pola ke dalam ruang, serta tekstur. Saat memilih kain, Anda ingin memastikan bahwa itu cocok dengan sisa dekorasi Anda dan melengkapi elemen lain di ruangan itu.

Pertama, Anda ingin memilih skema warna. Ruang tamu yang dirancang dengan baik akan memiliki beberapa kombinasi warna yang bagus, mulai dari tirai hingga bantal hingga pelapis furnitur.

Jika Anda menginginkan tampilan klasik, Anda mungkin ingin tetap menggunakan warna netral seperti krem, abu-abu, dan hitam. Untuk rasa yang lebih modern, Anda bisa memilih warna yang lebih berani seperti merah atau oranye.

Namun, jika Anda tidak yakin skema warna apa yang paling cocok untuk ruang tamu Anda, maka yang terbaik adalah berkonsultasi dengan desainer interior yang dapat membantu Anda memutuskan kain mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pastikan kain dapat dirawat dengan baik. Jika Anda tidak tahu cara mencuci kain tertentu, sebaiknya cari layanan binatu untuk itu.

Penting juga bagi mereka untuk mengetahui berapa banyak waktu dan usaha yang mereka perlukan untuk mengerjakan proyek sehingga mereka dapat merencanakannya dengan tepat.

Selain memilih skema warna yang tepat, Anda juga perlu memastikan bahwa kain Anda cukup tahan lama untuk penggunaan reguler di area dengan lalu lintas tinggi seperti ruang tamu Anda.

Tip #4 – Bereksperimenlah dengan tata letak.

Saat mendesain ruang tamu Anda, bereksperimenlah dengan tata letak sebelum Anda melakukan pembelian besar.

Jika Anda tidak tahu harus mulai dari mana, menemukan titik fokus utama bisa menjadi tempat yang bagus untuk memulai. Titik fokus umum di ruang keluarga adalah perapian atau perangkat televisi.

Tetapi jika tidak ada perapian atau TV di ruang tamu Anda, cobalah membawa karya seni besar yang akan menarik perhatian dan mengatur suasana hati untuk seluruh ruangan.

Setelah Anda memutuskan titik fokus, aturlah tempat duduk di sekitarnya. Anda dapat menggunakan dua sofa besar yang saling berhadapan untuk menciptakan area percakapan yang akrab atau menempatkan sofa Anda di dinding jika Anda ingin lebih banyak ruang untuk berjalan di sekitarnya.

Coba tambahkan ottoman yang mudah dipindahkan ke seluruh ruangan jika ruang Anda kecil dan kekurangan tempat duduk sehingga orang dapat duduk atau mengangkat kaki.Untuk tampilan yang lebih nyaman, cobalah ottoman berlapis kain alih-alih yang kayu.

Tip Mendesain Ruang Tamu #5 – Padu padan.

Dalam hal mendesain ruang tamu Anda, Anda bisa menggunakan gaya tradisional atau memilih tampilan yang lebih modern.

Anda juga dapat menggunakan tema atau skema warna tertentu. Namun cara terbaik untuk menata ruang tamu adalah dengan memadupadankan. Memadukan gaya dan tema memungkinkan Anda menciptakan ruang hidup unik yang mencerminkan kepribadian Anda.

Mulailah dengan memadukan berbagai gaya furnitur. Misalnya, Anda dapat menggunakan furnitur kayu tradisional, serta furnitur modern yang terbuat dari logam atau plastik. Anda juga bisa berkreasi dengan menggunakan berbagai jenis kain untuk melapisi furnitur Anda.

Jika Anda memiliki sofa yang sudah ada, Anda dapat menambahkan potongan aksen, seperti bantal lempar, untuk memberikan tampilan baru. Pilihan lainnya adalah memadukan furnitur yang sudah turun temurun di keluarga Anda dengan barang-barang baru yang Anda beli sendiri.

Dengan kain, Anda dapat menggunakan pola warna dan tekstur yang berbeda di ruangan yang sama.

Misalnya, Anda mungkin ingin menggunakan dua pola berbeda pada satu kursi dan pola lain untuk bantal lempar dan aksesori lain di dalam ruangan.

Ini akan menambah minat visual, tetapi juga akan memamerkan kepribadian Anda serta kemampuan Anda untuk mengoordinasikan warna dan pola dalam upaya dekorasi rumah Anda.

Mendesain Ruang Tamu

Tip #6 – Pencahayaan adalah kuncinya.

Pencahayaan adalah kunci saat mendesain ruang tamu Anda. Coba gunakan kombinasi lampu dan lampu lantai atas, serta pencahayaan tersembunyi untuk menciptakan keseimbangan yang tepat di ruang tamu Anda.

Pencahayaan yang Anda pilih akan mengatur nada untuk sisa dekorasi ruang tamu Anda, jadi pastikan untuk memilih dengan bijak.

Jika Anda mencari sesuatu yang lebih edgy, coba gantung lampu gantung atau lampu gantung dari langit-langit. Jenis lampu ini bekerja dengan baik di rumah bergaya modern atau kontemporer, karena sering dibuat dari logam atau kaca yang dapat melengkapi desain furnitur lainnya.

Untuk membuat ruang tamu Anda terlihat lebih menarik, coba gunakan sakelar dimmer pada semua lampu, termasuk yang ada di kipas langit-langit. Ini akan memungkinkan Anda untuk menyesuaikan tingkat kecerahan di setiap area rumah Anda tergantung pada apa yang ingin Anda capai pada waktu tertentu.

Kesalahan umum yang dilakukan orang saat menerangi ruang keluarga mereka adalah meletakkan semua lampu di satu dinding; Namun, ini hanya akan membuat satu area kamar Anda gelap dan tidak menarik.

Sebagai gantinya, yang terbaik adalah menggunakan kombinasi lampu dan lampu lantai atas untuk menciptakan suasana yang mengundang di seluruh rumah Anda.

Tip Mendesain Ruang Tamu #7 – Manfaatkan ruang dinding yang berharga.

Ruang dinding yang berharga adalah komoditas berharga di rumah mana pun. Dan di ruang tamu, lebih penting lagi untuk memastikan bahwa ruang digunakan seefisien mungkin.

Bagaimanapun, ini adalah ruangan di mana Anda menghabiskan sebagian besar waktu Anda. Jadi itu harus dirancang untuk melayani berbagai tujuan.

Cara terbaik untuk menggunakan ruang dinding Anda secara efisien adalah dengan rak dan unit penyimpanan. Selain sangat fungsional, mereka dapat membantu menciptakan daya tarik visual yang membuat ruang tamu menjadi istimewa.

Saat membeli jenis barang ini, cari yang sesuai dengan rencana desain Anda secara keseluruhan. Jika Anda menginginkan tampilan yang modern, misalnya. Cobalah mencari rak yang terbuat dari bahan yang ramping seperti baja tahan karat atau kaca.

Jika Anda menginginkan tampilan industri, pilih rak yang terbuat dari bata ekspos atau balok beton.

Berkreasilah dengan cara Anda mengatur unit penyimpanan—jangan hanya menempelkannya di dinding!

Sebaliknya, cobalah mengaturnya sedemikian rupa sehingga menciptakan area terbuka di dalam ruangan tempat orang dapat berkumpul dan berinteraksi. Ini akan meningkatkan aliran energi melalui ruang tamu Anda dan membuatnya tampak lebih mengundang pengunjung dan anggota keluarga.

Tip #8 – Tambahkan beberapa sifat.

Cara paling sederhana untuk membawa alam ke ruang tamu Anda adalah dengan tambahkan tanaman atau dua. Tanaman hias telah menjadi aksen rumah yang populer dalam beberapa tahun terakhir. Dan mereka adalah cara yang bagus untuk membawa semburat warna dan beberapa kehidupan ke dalam ruangan kosong.

Tanaman dapat ditambahkan ke hampir semua permukaan — rak, kusen jendela, meja kopi, mantel. Dan mereka juga dapat digantung di langit-langit atau diselipkan di sudut.

Anda juga tidak perlu jempol hijau untuk menjaga tanaman tetap hidup. Sementara beberapa varietas membutuhkan lebih banyak perhatian daripada yang lain (dan beberapa lebih cenderung terbakar daripada yang lain). Ada banyak pilihan perawatan rendah di luar sana yang dapat berkembang bahkan di bawah perawatan tukang kebun pemula.

Jika Anda ingin bekerja lebih keras dan benar-benar membuat ruang tamu Anda terasa seperti perpanjangan dari alam bebas, pertimbangkan untuk memasukkan motif bunga juga.

Rangkaian bunga yang indah menambah warna dan keharuman. Hal ini belum lagi adalah kesempatan bagus bagi Anda untuk melatih keterampilan merangkai Anda!

Putusan Akhir

Ruang keluarga adalah ruang masuk untuk hiburan dan relaksasi. Mereka adalah tempat orang menjamu tamu, menonton acara favorit mereka, dan bersantai dengan nyaman. Desain ruang tamu Anda dapat mengatur nada untuk rumah Anda.

Saya harap panduan ini akan membantu Anda membuat beberapa keputusan tentang bagaimana merancang ruang tamu Anda.

Ingatlah bahwa tip yang saya uraikan di sini berlaku untuk hampir semua ruangan di rumah Anda. Akibatnya, Anda harus dapat dengan mudah menerapkan tip desain ruang tamu ini ke ruang lain yang sedang Anda kerjakan di masa mendatang.

Check Also

Keuntungan Menyewa Kontraktor Listrik Profesional Saat Merenovasi Rumah Lama

Jika Anda pindah ke rumah lama, maka sangat penting untuk merenovasinya, sehingga akan aman, dan …

2 comments

  1. Pingback: Ide Kamar Tidur Tamu Terbaik Untuk Rumah Anda - Minimalis123

  2. Pingback: Ide Perapian Ruang Tamu Kecil Yang Keren - Minimalis123