Breaking News

NOA mendesain Hub of Huts menyerupai desa terbalik di South Tyrol

Jaringan Arsitektur mereferensikan refleksi dalam air saat membuat Hub of Huts, area kesejahteraan yang tampaknya menentang gravitasi di Hotel Hubertus di South Tyrol.

Didukung oleh kolom seperti pohon besar, strukturnya berada di dekat kolam berlantai kaca yang diproyeksikan yang dibuat oleh studio Italia Network of Architecture (NOA) untuk resor Italia pada tahun 2016.

Pemandangan gunung dari Hotel Hubertus di Tyrol Selatan
NOA telah memperluas Hotel Hubertus dengan Hub of Huts

Hub of Huts dicirikan oleh sekelompok struktur mikro terbalik dan terbalik dengan atap runcing yang secara kolektif membentuk “perlindungan seperti zen” untuk hotel Alpine.

Bersama-sama, struktur tersebut dimaksudkan untuk membangkitkan “arsitektur desa pegunungan” yang dicerminkan di atas air melalui permainan garis pandang dan cakrawala.

Area kesehatan Hub of Huts oleh NOA
Area kesehatan dirancang menyerupai desa terbalik

“Inspirasinya datang dari elemen air,” kata Pendiri NOA Lukas Rungger kepada Dezeen.

“Kami memikirkan kemungkinan aktivitas seperti berdiri, duduk, berenang, melayang horizontal, menyelam terbalik,” tambahnya. “Masing-masing posisi ini memiliki cakrawala yang berbeda, dan dari perspektif yang saling mempengaruhi ini, ide proyek menjadi hidup.”

Lihat di bawah Hub of Huts di Hotel Hubertus
Itu diangkat di atas tanah pada platform yang ditangguhkan

Menurut studio, proyek tersebut merupakan tantangan karena hotel “sudah menemukan simbolnya di kolam renang”. Mencapai visi studio yang menentang gravitasi secara struktural juga bukanlah prestasi yang berarti.

“Struktur kantilever baja yang mengesankan mendukung platform, yang bahkan membawa para insinyur ke batas,” jelas Rungger.

“Perakitan asimetris adalah tantangan struktural yang sangat besar, termasuk alokasi kompleks kompartemen teknis yang tersembunyi di dalam rumah.”

Area kesehatan kantilever di hotel Alpine
Serangkaian struktur mikro runcing membentuk ekstensi

Hub of Huts terletak di sisi tenggara Hotel Hubertus, sejajar dengan kolam renang. Ini membentuk “kelanjutan alami” dari zona kesejahteraan resor yang ada.

Dengan membagi fasilitas di seluruh rangkaian struktur mikro, NOA memastikan proyek ini berskala manusia, sejalan dengan tujuannya untuk meniru sebuah desa.

Area kesehatan hotel runcing oleh NOA
Beberapa modul runcing terbalik dan yang lainnya terbalik

“Penempatan struktur mikro mengingatkan tata letak desa pegunungan,” tambah Rungger.

“Seseorang bergerak dari ruang ke ruang saat ia pergi dari rumah ke rumah, dari hangat ke dingin, dari kering ke basah, dari atas ke bawah.”

Jalan setapak yang ditangguhkan ke Hub of Huts di South Tyrol
Ruang diakses oleh jalan gantung

Sama halnya dengan kolam di sebelahnya, perpanjangan proyek keluar dari bangunan utama hotel di atas platform yang ditinggikan 15 meter di atas tanah. Dapat diakses melalui jalan gantung.

Dek ini ditopang oleh pelat baja kantilever dan dua kolom baja besar yang dilapisi larch, menyamarkannya sebagai batang pohon.

Kolam renang di area kesehatan Hotel Hubertus
Ini memiliki tiga kolam renang

Di tingkat atas platform Hub of Huts ada dua kolam, di samping pancuran panoramik dan ruang ganti.

Di bawah, di mana gubuk tampak berlabuh terbalik, tingkat yang lebih rendah memiliki serambi, dua sauna, pancuran, dan kolam renang luar ruangan ketiga. Di sini, atap pelana terbalik memungkinkan NOA untuk menyembunyikan sistem pemurnian air untuk kolam dan membentuk tempat duduk berjenjang untuk sauna.

Kolam renang dalam ruangan oleh NOA di South Tyrol
Interiornya dirancang untuk mempertahankan fokus pada pemandangan gunung

“Tingkat yang lebih rendah dari platform menyebabkan perasaan keterasingan pada pengamat,” tercermin arsitek pengawas Gottfried Gruber.

“Saat seseorang turun, suhunya naik, dan lingkungan menjadi lebih terlindungi. Rasanya seperti turun ke pusat bumi, dengan kutub yang terbalik.”

Materialitas untuk proyek ini dipilih untuk melengkapi rona kehitaman pemandangan gunung, dengan panel aluminium berwarna cokelat yang melapisi kabin.

Pada beberapa struktur mikro, NOA telah menggabungkan sistem naungan brise soleil dalam bahan dan warna yang sama.

Sauna di dalam area kesehatan Hub of Huts
Ini menggabungkan sauna dengan tempat duduk berjenjang

Di dalamnya ada palet bahan bersahaja yang serupa, termasuk keramik krem ​​​​muda dan detail kayu seperti lantai kayu ek putih yang diminyaki.

Menurut studio, bahan-bahan ini diharapkan dapat menciptakan suasana yang menenangkan sambil tetap fokus pada pemandangan gunung yang selalu berubah yang dibingkai melalui bukaan kaca.

Interior area kesehatan Hotel Hubertus oleh NOA
Beberapa jendela memiliki sistem naungan brise soleil

Didirikan oleh arsitek Rungger bersama Stefan Rier, NOA adalah studio arsitektur dan desain dengan studio di Bozen, Italia, dan Berlin, Jerman.

Kolam kantilever yang dibuat studio di Hotel Hubertus di South Tyrol bertujuan untuk menawarkan sensasi mengambang kepada wisatawan dan juga menampilkan palet material yang dirancang untuk menggemakan pemandangan gunung.

Di tempat lain di South Tyrol, studio membuat hotel “rumah pohon” yang dibangun di atas panggung di atas taman dan menyelesaikan sudut pandang tzi Peak 3251m di atas gletser.

Pemotretan dilakukan oleh Alex Filz.

Check Also

Mengapa Trenchless Technology Adalah Masa Depan Perbaikan Infrastruktur

Trenchless technology adalah industri yang berkembang pesat dengan masa depan yang cerah. Teknologi ini merevolusi …