Breaking News

18 Ide Taman miring untuk Keindahan ruang luar Anda

Tidak setiap taman dibuat sama – dan lebih banyak lagi yang berada di tanah yang tidak rata daripada yang Anda kira. Ide taman miring memungkinkan Anda untuk menciptakan ruang luar impian Anda karena – bukan karena – kemiringannya. Ide taman untuk ruang miring tidak hanya menjadi pemecah masalah, bahkan mereka dapat menawarkan minat unik mereka sendiri yang tidak dapat Anda capai dengan area datar.

‘Taman miring dapat menawarkan banyak peluang,’ setuju Carlos Real, Pakar Perawatan Rumput dan Direktur Pelaksana, TotalLawn. ‘Anda dapat membuat sesuatu yang benar-benar indah dengan berbagai ketinggian dan dimensi dengan anggaran terbatas. Itu hanya membutuhkan sedikit lebih banyak perencanaan.’

‘Anda mungkin berpikir Anda terbatas pada apa yang dapat ditanam di lereng curam, tetapi ada banyak pilihan, karena banyak tanaman dapat ditanam di sudut,’ lanjut Carols. ‘Dinding penahan sangat bagus untuk tempat tidur bunga di lereng bukit. Tanaman yang menyukai celah termasuk trailing lobelia, rock cress, thyme, dan candytuft. Manfaatkan lereng dan pajang tanaman favorit Anda di tepiannya. Ini cara yang bagus untuk menambahkan percikan warna! Anda juga dapat memilih tanaman penutup tanah yang mudah dirawat untuk lereng, seperti: lamium, epimedium, mantel wanita, dan rumput mondo.’

Jadi dengan lansekap yang bijaksana, bahkan taman yang paling curam dan paling retak pun bisa menjadi indah dan praktis.

Ide Taman miring

‘Jauh dari masalah, situs miring menghadirkan beberapa peluang terbaik dalam desain taman,’ kata John Wyer, CEO dan perancang taman utama di Bowles & Wyer.

‘Ditangani dengan hati-hati, ini memungkinkan tanaman tersusun berlapis-lapis sehingga sapuan dedaunan dan bunga yang berurutan membangun satu sama lain. Menemukan rute melalui lereng juga menawarkan potensi drama atau kehalusan dalam desain taman.’

‘Pikirkan tangga besar dan teras di taman renaisans Italia. Yah, kita mungkin tidak semua memiliki banyak ruang (atau uang!), tetapi adalah mungkin untuk membuat pernyataan dengan serangkaian langkah yang mengarah ke sepotong patung atau bangku.’

1. Gabungkan langkah dan tempat tidur yang ditinggikan

Garden with brick steps leading surrounded by raised beds

Jika Anda berpikir tentang bagaimana merencanakan taman, ingatlah bahwa tangga dan tempat tidur yang ditinggikan masing-masing ideal untuk ide taman miring, jadi mengapa tidak membawa keduanya? Tempat tidur yang dangkal dan anak tangga yang panjang dan dangkal berarti Anda dapat secara kasar memiliki satu anak tangga per tempat tidur, menciptakan rasa simetri yang indah. Menggunakan bahan yang sama pada anak tangga sebagai sisi tempat tidur juga akan membantu menghubungkan struktur secara visual.

‘Jangan takut untuk bereksperimen,’ saran Carlos dari TotalLawn. ‘Campurkan penanaman, tambahkan percikan warna dan ornamen di mana Anda bisa.’ Kantong tanaman pot akan membantu menciptakan kesan kohesi yang nyata.

2. Ide Taman miring: Tambahkan petak bunga di antara platform dan halaman rumput

Ide Taman miring

Jika ada celah antara rumah Anda dan taman miring Anda, tambahan alami adalah area platform yang dihias untuk hiburan alfresco. Ini bisa, bagaimanapun, meninggalkan celah kosong yang canggung di bawahnya. Isi ini akan menanam subur untuk menyamar.

Jika Anda ingin menjaga ilusi bahwa segala sesuatunya rata, tanam bunga dan dedaunan yang tumbuh lebih tinggi di mana ada perbedaan ketinggian terbesar antara ide penghiasan halaman dan taman.

3. Memotong jalan setapak di antara halaman rumput yang miring

Ide Taman miring

Jika taman Anda hanya memiliki kemiringan yang landai dan Anda tidak menghadapi tanjakan yang dramatis, maka Anda memiliki beberapa pilihan. Memotong jalan untuk berbaring rata di tanah sangat ideal dan merupakan penggunaan ide taman yang mudah. Ini berarti Anda bisa mendapatkan secara merata dari satu ujung ke ujung lainnya, dan dengan mudah menanam batas jalan jika diinginkan.

Ditambah lagi tampilan dua bagian rumput yang landai ke atas memberikan kesan pedesaan dan menenangkan.

4. Ide Taman miring: Tingkatkan dengan jalur yang ditinggikan

Ide Taman miring: Raised wooden path beside flowerbeds

‘Terasiring bisa memakan waktu dan mahal, jadi pertimbangkan semua pilihan Anda terlebih dahulu,’ saran Carlos dari TotalLawn. ‘Misalnya, apakah ada yang bisa Anda buat sendiri?’

Salah satu kreasi DIY yang memungkinkan adalah dengan membangun jalur yang ditinggikan. Anda dapat menanam di area miring dan membangun jalur lurus yang melintasi seluruh area. Untuk alasan keamanan, ini yang terbaik jika hanya ada sedikit kemiringan. Jika tidak, ada baiknya menambahkan rel untuk mencegah siapa pun jatuh.

5. Buat taman pondok yang terinspirasi dari bebatuan

Ide Taman miring: Garden with stone steps and flowerbeds

Ide taman pondok, pada dasarnya, lebih pedesaan dan ad hoc dalam penampilan. Gunakan pendekatan ini untuk membangun tangga batu, dinding, dan tempat tidur yang sedikit miring dan unik. Anda bisa menjadi tidak rata dalam ketinggian dan level dan efeknya dengan menjadi menawan daripada berantakan. Bekerja di penanaman kebun pondok untuk menyelesaikan tampilan.

6. Ide Taman miring: Melunakkan lereng curam dengan undakan rumput

Ide Taman miring

Jika taman Anda berada di tingkat yang berbeda dan Anda tidak tertarik pada ide lansekap yang sulit, ambil inspirasi dari taman ini oleh Helen Elks-Smith MSGD, dari Elks Smith Landscape & Garden Design. Alih-alih menggabungkan tangga batu, Helen telah menggunakan tapak rumput – mengintegrasikannya ke halaman yang ada untuk menghubungkan teras bawah ke teras berjemur kecil di atas. Menciptakan pendekatan yang lebih lembut pada aliran taman, berjalan mulus dari satu ruang ke ruang lainnya.

Penambahan anak tangga rumput yang bijaksana di taman ini membantu membuat transisi miring terasa kurang terstruktur, karena terlalu banyak paving bisa terasa berlebihan untuk beberapa pengaturan. Ide ini sangat ideal jika Anda ingin menggabungkan dua area beraspal tanpa harus membahayakan cakupan rumput lebih lanjut.

7. Naikkan area tempat duduk

sloping garden idea with corner seating area

Properti bangunan baru ini terdiri dari taman yang landai ke dua arah ke sudut jauh. Perancang taman Simon Orchard menjelaskan bagaimana ia menjadikan lereng sebagai fitur desain daripada prestasi desain.

‘Meratakan seluruh taman akan sangat mahal dalam hal membuat dinding penahan di sepanjang batas – dan dindingnya akan sangat tinggi. Jadi alih-alih kami hanya meratakan teras utama dan area halaman kemudian bekerja dengan kemiringan alami, menggabungkan tiga anak tangga beton yang tumpang tindih yang mengarah ke area tempat duduk yang sedikit lebih tinggi.

Area tempat duduk yang dipentaskan memberikan pemandangan yang lebih tinggi ke seluruh taman.

8. Ide Taman miring: Tingkat transisi dengan slide

Ide Taman miring: Sloping lawn with slide

Desainer taman Fiona Lamb telah menciptakan taman miring impian untuk si kecil, dengan menghubungkan dua lantai dengan area bermain taman lengkap dengan perosotan. Unsur kesenangan menyuntikkan dimensi berbeda ke taman lanskap yang indah. Ide taman anggaran yang brilian ini juga sangat praktis, memberi anak-anak cara yang aman untuk menavigasi tingkat yang lebih curam.

9. Bekerja dengan kemiringan untuk membuat fitur air

Sloping garden water feature

Di taman lanskap di atas, Anda akan melihat bagaimana Simon Orchard Garden Design menggunakan tanah yang tidak rata untuk menciptakan ide fitur air terjun secara alami.

“Kemiringan lerengnya sempurna untuk menciptakan fitur air dua tingkat yang dipesan lebih dahulu,” kata Simon Orchard. Lantai dasar yang berbeda cocok untuk membuat fitur air mengalir, tambahan yang tenang yang berarti taman mendapat manfaat dari suara tetesan air.

10. Ide Taman miring: Ambil perspektif berbeda tentang penanaman

Ide Taman miring: Sloped garden with meadow planting

‘Tempat tidur tanam miring bisa sangat bagus untuk dilihat – daripada hanya melihat tempat tidur tanam dari samping, tampilan miring menciptakan perspektif yang berbeda’ kata desainer taman Helen Elks-Smith. Menjelaskan bagaimana penanaman berbeda, dengan tempat tidur datar, ‘Anda harus membuat skema penanaman menggunakan tanaman yang tumbuh pada ketinggian yang berbeda – tetapi tanaman dengan ketinggian yang sama akan tampak lebih tinggi ketika melihat ke atas lereng.’

‘Dan untuk beberapa tanaman, pandangan yang berbeda ini memiliki dampak yang nyata,’ saran Helen. “Misalnya melihat ke bagian atas pakis sangat berbeda dengan pemandangan daun dari samping, mawar dan banyak tanaman berbunga terlihat sama bagusnya dari atas.”

11. Nikmati taman bertingkat

Sloped garden with zones for dining seating and trampoline

Ada tanjakan, lalu ada ski slop-style yang sulit dibayangkan harus mulai dari mana?! Yang Anda butuhkan hanyalah seorang ahli, seperti yang dibuktikan oleh taman ini. ‘Taman miring yang panjang ini terdiri dari perbedaan ketinggian lebih dari 5 meter dari teras atas ke bawah taman,’ jelas desainer taman Simon Orchard. “Ini membuat ruang itu tidak bisa digunakan.”

Solusinya adalah membuat serangkaian teras datar, masing-masing melayani tujuan yang berbeda. Dengan langkah-langkah yang menghubungkan area yang berbeda. Teras makan yang luas dibuat di tingkat atas oleh rumah, mengarah ke halaman rumput dengan batas bunga dan dek sekunder. Ini mengarah ke area trampolin yang cekung dari mana Anda bisa berjalan ke atap studio/sauna baru – yang dihiasi ‘Simon menjelaskan.

12. Ide Taman miring: Zona dengan level berbeda

Ide Taman miring: Garden zones in a sloped garden design

Taman miring yang curam secara alami mengundang penciptaan zona yang jelas, masing-masing memberikan tujuan yang berbeda. Hasil dari pembuatan teras berumput membantu membentuk taman yang tidak dapat digunakan menjadi ruang keluarga multifungsi. Simon Orchard berkata, ‘Ini adalah taman yang jauh lebih bermanfaat dengan area berbeda untuk duduk dan bersantai, memungkinkan Anda menikmati taman pada waktu yang berbeda dalam sehari dan menikmati berbagai pemandangan.’

Dijelaskan biaya pembuatan taman taman, sehingga Anda dapat menentukan berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk pembuatan taman taman.

13. Gunakan bantalan kereta api untuk menambahkan struktur

Sloping garden with railway sleepers forming raised beds

Taman bergaya New England ini membuat fitur dari tingkat ketinggian yang berbeda, merangkulnya daripada mencoba melembutkan tampilan. Dinding bantalan rel kereta api yang rendah digunakan untuk menampung petak bunga di antara tingkat yang menurun.

Jika Anda memilih batas yang ditinggikan yang ditanam dengan tanaman keras yang kuat, seperti hosta dan astilbe, mereka tidak memerlukan banyak perawatan atau perawatan konstan. Tambahkan percikan warna dengan osteospermum dan gazania yang tahan kekeringan.

14. Ide Taman miring: Pasang kolam untuk membagi level yang berbeda

Ide Taman miring: Sloped garden with stones around a pond area

Contoh yang bijaksana ini menunjukkan bagaimana dinding batu hardscape di sisi kolam digunakan untuk menangani kemiringan melintasi taman. Dinding membantu menyamarkan kemiringan dengan membuat bingkai batu terlihat sengaja untuk meninggikan halaman di luar. Sebuah kolam juga merupakan ide taman satwa liar yang luar biasa, untuk mengubah ruang luar Anda menjadi surga bagi satwa liar.

15. Buat pernyataan dengan pencahayaan

Garden lighting in multi level garden

Tingkat yang berbeda dari taman miring memberikan tata letak yang ideal untuk menggunakan ide-ide pencahayaan taman untuk efek penuh. Pada catatan praktis itu menonjolkan ketinggian yang berbeda antara tingkat, memberikan cara yang lebih aman untuk menavigasi perjalanan melalui. Dari segi desain, lampu menambah tampilan yang lebih dramatis, karena menyoroti penanaman utama dan menghidupkan banyak zona dengan pencahayaan.

Coba atur setiap zona ke tingkat cahaya yang berbeda untuk memastikan Anda dapat memberikan cahaya yang tepat untuk setiap pengaturan – lebih terang di area anak-anak, lebih banyak ruang di teras yang dibuat untuk hiburan.

16. Ide Taman miring: Berikan karakter langkah dengan dinding bronjong

Ide Taman miring: Gabion steps in a sloping garden

“Kami merancang lanskap luas yang mengelilingi properti arsitektur modern ini, termasuk taman bertingkat yang jauh dari rumah dan teras yang bersebelahan,” jelas John Wyer, CEO dan desainer taman utama di Bowles & Wyer.

‘Kami telah memasangkan paving ramping dengan dinding struktur bronjong untuk membuat teras, selesai dengan penanaman naturalistik dan tekstur dengan percikan Verbena. Tidak hanya memberikan perjalanan yang menarik saat Anda menaiki tangga ke taman utama, tetapi juga menciptakan pemandangan indah dari rumah.

17. Struktur taman bertingkat

Structured stone raised planters and terraces

‘Ini adalah taman pedesaan besar yang kami rancang dan bangun di Berkshire,’ jelas John Wyer. “Kami menggunakan lahan miring yang mengarah ke properti untuk membuat taman bertingkat modern, yang memberikan pemandangan hijau dari setiap jendela yang menghadap ke rumah. Skema pencahayaan juga memastikan ruang bertingkat ini adalah tempat yang sempurna untuk hiburan malam.’

Desain ini dapat diperkecil agar sesuai dengan ide taman kecil untuk memberi ruang lebih banyak tujuan dan struktur yang jelas. Bekerja dengan tukang kebun lanskap untuk menyesuaikan ruang agar sesuai dengan kebutuhan taman Anda sendiri.

18. Ide Taman miring: Transisi antar level dengan lembut

Small steps in garden

‘Gabungkan dinding penahan dengan anak tangga yang naik perlahan, yang mengelilingi tanah miring untuk mentransisikan level secara halus’ saran desainer lanskap Marcus Foster, ‘menyediakan fitur desain dalam prosesnya. Idenya untuk melakukannya adalah, ‘Menggunakan bahan alami seperti breed pada kerikil dan kandang bronjong.’

‘Dengan agregat yang terlalu besar, perubahan level dapat lebih diperlunak untuk memperlambat langkah dan pemikiran untuk bergerak melalui ruang.’

Bagaimana Anda membuat lanskap lereng dengan anggaran terbatas?

Merangkulnya sebanyak yang Anda bisa, akan menghemat biaya karena anggaran Anda tidak habis dengan meratakan tanah. Lansekap slop dengan anggaran dimungkinkan dengan menghias di atas permukaan lama dan menukar pekebun yang ditinggikan dengan pot.

‘Pikirkan tentang bagaimana Anda menggunakan taman Anda,’ saran Carlos Real, Managing Director, TotalLawn, tentang cara membuat lanskap dengan anggaran terbatas. ‘Apakah Anda menginginkan area tempat duduk, area untuk menanam sayuran, atau hanya halaman rumput yang indah secara estetika? Pisahkan ruang Anda melalui fungsionalitas tetapi pikirkan secara praktis tentang transisi dari satu area ke area berikutnya. Pisahkan ruang Anda dengan memperkenalkan deretan tempat tidur bunga, menggunakan bantalan rel kereta api untuk membangun dinding penahan atau membangun pagar menggunakan palet kayu dan cat untuk menambahkan percikan warna.

‘Buat rute yang ditentukan,’ lanjut Carols. ‘Pertimbangkan bagaimana Anda berpindah dari satu bagian ke bagian lain. Apakah Anda memerlukan langkah atau tidak sepenuhnya tergantung pada seberapa banyak lereng taman Anda. Mengapa tidak menambahkan lempengan batu? Mereka tidak membutuhkan banyak biaya; Anda bahkan dapat menemukan beberapa yang tergeletak di sekitar atau di Facebook Marketplace secara gratis! Pastikan saja mereka berada di posisinya dengan aman (untuk tujuan keamanan, tentu saja).’

‘Sangat penting untuk memiliki ruang di mana Anda dapat bersantai dan bersantai di bulan-bulan musim panas. Serpihan kulit kayu atau kerikil adalah cara cepat dan murah untuk membuat area tempat duduk dengan tingkat yang wajar – dan dapat disesuaikan sepenuhnya dengan estetika yang ingin Anda capai; kerikil dan batu tulis khususnya datang dalam berbagai warna yang dapat digunakan untuk memecah ruang di taman.’

‘Memelihara halaman rumput di lereng bisa jadi sulit, dan bahkan berbahaya saat mengoperasikan mesin,’ tambah Carols. ‘Untuk area yang paling miring, prioritaskan penanaman hamparan bunga dan simpan halaman Anda di area yang lebih datar di taman Anda, jika memungkinkan.’

Apa yang bisa saya lakukan dengan taman miring?

Taman miring secara alami memberikan tingkat yang berbeda untuk menciptakan zona yang berbeda – satu untuk makan; satu untuk anak-anak; tingkat untuk ruang taman atau petak sayuran. Zonasi taman memungkinkan ruang untuk memberikan  tujuan multifungsi.

‘Air yang mengalir dari tanah yang miring perlu dipertimbangkan,’ memperingatkan desainer taman Helen Elks-Smith. ‘Terutama di mana tanah miring kembali ke properti dan keluar dari jalan masuk. Dalam kedua kasus, drainase perlu dipertimbangkan untuk menangkap air dan menangani di lokasi.’

‘Terkadang Anda perlu atau ingin memotong lereng, untuk membentuk teras. Hal ini cenderung mendorong anggaran karena tanah kemudian perlu dipertahankan. Drainase selalu dibutuhkan di balik dinding taman dan dinding itu sendiri perlu dibangun secara khusus untuk menahan tanah atau struktur, insinyur struktur dapat membantu. Dan bergerak di antara ketinggian yang berbeda seringkali membutuhkan langkah. Tapi jalur miring bisa bekerja dengan baik dan akan membuat ruang dapat diakses oleh semua orang.’

Letakkan membran penekan gulma (dari pusat kebun) untuk mengurangi jumlah penyiangan. Kemudian tanam pembatas dengan tanaman penutup tanah, seperti geranium atau catmint. Geranium, khususnya, memberikan penutup tanah dan warna yang baik sepanjang musim panas. Gunakan pot tinggi yang ditanami rumput untuk tampilan pernyataan.

Bisakah Anda meratakan taman yang miring?

Tergantung pada ketinggian lereng mungkin untuk meratakan, tetapi melibatkan banyak pekerjaan dan anggaran yang besar dan kuat. Meratakan taman bisa mahal dan mungkin tidak memberi Anda taman yang Anda inginkan. Jadi bekerja dengan penata taman untuk mendesain taman yang mencakup tata letak yang tidak konvensional mungkin merupakan pilihan yang lebih baik.

Check Also

Ide Desain Lansekap Menakjubkan untuk Musim Panas

Nongkrong di lanskap taman yang rimbun meningkatkan mood Anda, menurunkan tekanan darahdan membantu tubuh Anda …

One comment

  1. Pingback: Tanaman yang menurunkan nilai properti Anda - Minimalis123