Breaking News

Ide Pencahayaan Ruang Tamu Kecil Agar Lebih Keren

Seperti apa Ide Pencahayaan Ruang Tamu Kecil Agar lebih terang dan lebih besar? Pencahayaan adalah faktor kunci yang perlu dipertimbangkan dalam skema ruangan apa pun. Tetapi merencanakan ide pencahayaan ruang tamu kecil sangat penting jika Anda ingin memaksimalkan cahaya saat ruang terbatas.

Pencahayaan yang buruk akan membuat setiap ruangan terasa gelap dan tidak menyenangkan, tetapi dalam ide ruang tamu kecil efeknya akan diperbesar, membuat ruangan terasa lebih gelap, lebih suram dan lebih kecil dari yang sebenarnya. Namun, dapatkan pencahayaan yang tepat dan ini adalah situasi menang, menang. Pencahayaan yang baik dapat membuat ruang tamu kecil terasa hangat, nyaman dan mengundang, serta akan membuka ruang sehingga ruangan terasa lebih terang dan juga lebih besar.

Ide pencahayaan ruang tamu kecil

‘Seringkali ruangan kecil terasa kecil karena pencahayaan yang tidak memadai,’ kata para ahli di Philips Hue. ‘Bola yang lebih terang di perlengkapan lampu Anda adalah cara cepat untuk meningkatkan jumlah cahaya di ruangan – berhati-hatilah untuk tidak melampaui watt tertinggi yang direkomendasikan pabrikan. Dan jika ruangan Anda kekurangan sinar matahari alami, tukar bohlam standar dengan bohlam pintar yang dapat dengan mudah meniru cahaya alami.’

Jadi, jika ruang tamu Anda tidak berkilau dan dapat menggunakan sedikit lift, gulir terus dan dapatkan inspirasi dari trik pencahayaan cerdas dan tip mudah ini yang akan membuat ruang tamu kecil mana pun terasa lebih terang dan lebih cerah.

1. Lapisan pencahayaan untuk meregangkan ruang ruang tamu

Ide Pencahayaan Ruang Tamu Kecil

Kredit gambar: Future PLC/Dominic Blackmore

Sudut-sudut gelap dan area yang kurang penerangan akan membuat ruangan kecil terasa lebih tertutup dan sempit. Tetapi dapatkan pencahayaan yang tepat di ruang tamu kecil dan itu dapat memiliki efek meregangkan ruang secara visual dan membuat ruangan tampak lebih besar dari itu.

Menggabungkan dinding pucat dengan skema pencahayaan berlapis adalah salah satu cara termudah untuk membuat ruang tamu kecil terasa lebih besar. Warna pucat yang memantulkan cahaya akan memantulkan cahaya yang masuk ke sekitar ruangan, menghilangkan area gelap dan membuat ruangan terasa ringan, cerah, dan lapang.

Tempatkan lampu pada tingkat yang berbeda untuk menyebarkan cakupan cahaya ke seluruh ruangan. Meja lampu adalah ketinggian yang sempurna untuk menerangi tempat duduk ruang tamu, tetapi menempatkan lampu di rak dan permukaan yang lebih tinggi akan meningkatkan tingkat cahaya dan membantu menciptakan skema yang lebih seimbang.

2. Ide Pencahayaan Ruang Tamu Kecil: Sertakan pencahayaan dari sumber yang berbeda

Ruang tamu ungu dengan kursi berbingkai kayu dengan bufet kayu dan lampu meja

Kredit gambar: Dar Lighting

Sementara liontin langit-langit adalah cara yang bagus untuk memberikan ruang tamu titik fokus dan menciptakan pencahayaan latar belakang umum, itu selalu merupakan ide yang baik untuk menyertakan banyak sumber pencahayaan tambahan juga. Dengan melapiskan cahaya dan menciptakan area terang dan teduh, Anda dapat membuat bintik-bintik kecil yang lebih nyaman dalam satu ruang yang lebih besar.

‘Kamar yang berbeda memerlukan jenis pencahayaan yang berbeda,’ kata Peter Legg, desainer utama di Där Lighting. ‘Sementara dapur dan kamar mandi harus cerah, ruang tamu mencerminkan suasana hati Anda, jadi pencahayaannya harus fleksibel sehingga dapat berubah dengan suasana hati yang ingin Anda ciptakan, dari cerah dan jernih menjadi hangat dan nyaman.’

‘Efek ini dapat dicapai dengan melapisi pencahayaan Anda, menggunakan lampu langit-langit, lampu dinding, lampu meja atau lantai dan menggunakan teknologi dari hal-hal sederhana seperti sakelar dimmer dan lampu pintar hingga sistem kontrol pencahayaan.’

3. Letakkan fokus pada tempat duduk ruang tamu

Ide Pencahayaan Ruang Tamu Kecil

Kredit gambar: Dunelm

Di ruang tamu kecil, gunakan pencahayaan di atas kepala untuk fokus pada area utama, bukan hanya untuk pencahayaan latar umum. Pertimbangkan untuk menggandakan liontin di atas tempat duduk ruang tamu Anda sehingga seluruh area diterangi dengan baik. Pasang lampu di sakelar peredup jika Anda bisa, sehingga Anda dapat menyesuaikan tingkat cahaya untuk membuat ruangan terasa lebih nyaman saat Anda bersantai di malam hari.

Menggantung liontin di ketinggian yang lebih rendah akan membuatnya lebih menjadi titik fokus, tetapi pastikan liontin itu tidak terlalu rendah sehingga ada bahaya menabraknya. Usahakan agar liontin digantung kira-kira 7 kaki di atas lantai, semakin rendah liontin, semakin besar tampilannya.

4. Ide Pencahayaan Ruang Tamu Kecil: Buat dudukan dengan lampu lantai yang bergaya

ruang tamu putih dengan sofa putih dan lampu lantai dengan aksesoris kuning dan hijau

Kredit gambar: Future PLC/Joanna Henderson

Terlalu banyak furnitur acak bisa membuat ruang tamu kecil terasa sesak. Hemat ruang lantai dengan memilih lampu berdiri lantai di sudut sempit, yang akan memakan lebih sedikit ruang daripada meja samping dan lampu terpisah.

Jika Anda menempatkan lampu lantai di samping sofa atau kursi berlengan untuk menyediakan cahaya untuk membaca, maka pilih kepala yang dapat disesuaikan jika Anda bisa sehingga Anda dapat memastikan cahaya diarahkan ke halaman. Usahakan pemasangan lampu atau bayangan berada tepat di atas ketinggian mata saat duduk, tingginya kira-kira 50-60 inci dari lantai.

5. Tambahkan wow dengan pencahayaan berkerumun

Ide Pencahayaan Ruang Tamu Kecil

Kredit gambar: PLC/Polly Eltes Masa Depan

Hemat ruang permukaan dengan ide pencahayaan ruang tamu kecil dengan memilih liontin gantung daripada lampu meja besar di samping sofa atau kursi berlengan. Kelompokkan dua atau tiga lampu bersama-sama untuk dampak visual dan untuk menciptakan fitur titik fokus di area kecil.

‘Lampu cluster lebih dari sekadar menambahkan sedikit penerangan ekstra,’ kata Peter Legg di Där Lighting. ‘Mereka bertindak sebagai pernyataan dan menciptakan titik fokus yang hangat dan ramah.’

‘Siluet yang berputar akan memberikan iluminasi dengan indah secara vertikal. Jika Anda berharap untuk melemparkan cahaya lebih lebar, pertimbangkan suspensi bergaya laba-laba yang memungkinkan Anda meregangkan fleksi individu di langit-langit. Pilihan lainnya adalah fitting yang memiliki efek berkelompok, di mana semua bayangan digantung pada tingkat yang sama untuk memberikan peningkatan cahaya.’

6. Ide Pencahayaan Ruang Tamu Kecil: Pertimbangkan pencahayaan latar belakang di area TV

Ide Pencahayaan Ruang Tamu Kecil

Kredit gambar: Wayfair

Saat menyalakan ide TV ruang tamu kecil, hindari menempatkan lampu di tempat yang akan menyebabkan silau pada layar. Mata sering lelah karena menonton TV karena perbedaan besar antara kecerahan layar dan seluruh ruangan di sekitarnya. Menerangi dinding di belakang TV mengurangi kontras yang kuat antara terang dan gelap dan jauh lebih baik di mata.

7. Ciptakan suasana santai dengan ruangan yang cukup terang

Ide Pencahayaan Ruang Tamu Kecil

Kredit gambar: Future PLC/Dominic Blackmore

Seperti yang telah kami katakan sebelumnya, meskipun Ide Pencahayaan Ruang Tamu Kecil ambient umum sangat penting di setiap ruangan. Hal itu bisa terasa datar dan satu dimensi jika tidak ada sumber pencahayaan tambahan untuk melengkapinya. Dikenal sebagai mood lighting, cahaya ekstra inilah yang memberikan suasana ruangan. Ini yang di ruang tamu kecil akan membuatnya terasa nyaman dan mengundang tanpa sudut gelap yang menutup ruangan.

Lampu adalah cara termudah untuk meningkatkan skema pencahayaan ruang tamu dan dapat ditempatkan dan dicolokkan tepat di tempat Anda membutuhkan cahaya ekstra. Ruangan yang cukup terang akan memiliki kecerahan keseluruhan yang disediakan oleh cahaya sekitar. Kemudian, ditambah cahaya di sudut yang lebih gelap yang akan membantu menciptakan cahaya yang mengundang dan menarik perhatian di sekitar ruangan.

8. Ide Pencahayaan Ruang Tamu Kecil: Sorot fitur dekoratif

Ide Pencahayaan Ruang Tamu Kecil

Kredit gambar: Future PLC/Dan Duchars

Pencahayaan aksen membantu menciptakan lebih banyak minat visual. Dan digunakan untuk menonjolkan fitur utama ruang tamu atau mengalihkan perhatian dari area yang tidak menyenangkan secara visual. Gunakan pencahayaan aksen untuk menonjolkan karya seni atau objek dekoratif. Hal ini untuk menekankan detail arsitektural seperti plesteran dan cetakan atau untuk menerangi rak atau lemari pajangan.

Buat fitur ceruk di ruang tamu kecil, dengan menyalakan lampu strip di bawah rak untuk menarik perhatian pada barang yang dipajang. Untuk opsi yang sangat mudah, coba lampu strip LED fleksibel yang hanya menempel di bagian bawah rak dan lemari.

9. Gunakan pencahayaan overhead yang terfokus

Ruang tamu abu-abu dengan lampu lantai busur di atas sofa dengan kursi malas

Kredit gambar: IKEA

Untuk Ide Pencahayaan Ruang Tamu Kecil di atas kepala dengan nuansa yang lebih nyaman, tukar lampu gantung standar dengan lampu berdiri di lantai. Lampu lantai bergaya busur adalah pilihan tepat untuk ruangan kecil, memberikan daya tarik visual dan dengan lengan yang dapat menjangkau yang dapat memberikan pencahayaan yang ditargetkan jika diperlukan.

Coba posisikan lampu lantai bergaya busur di belakang sofa untuk menggantikan lampu di atas kepala. Ini akan menciptakan pencahayaan tugas ekstra untuk membaca atau hobi dan saat tidak digunakan, lengan dapat diayunkan ke belakang.

10. Ide Pencahayaan Ruang Tamu Kecil: Maksimalkan ruang tamu Anda dengan cermin

Ruang tamu kecil dengan dinding hitam dan ceruk cermin

Kredit gambar: Pooky

Tingkatkan tingkat cahaya dan tingkatkan rasa ruang di ruang tamu kecil dengan posisi cermin yang strategis. Sebuah cermin lantai besar yang disandarkan ke dinding untuk menangkap cahaya yang masuk dari jendela, akan memantulkannya ke sekeliling ruangan. Serta, membuat ruangan terasa lebih ringan, lebih cerah, dan seketika menjadi lebih luas.

Panel cermin yang dipasang di ceruk ceruk di kedua sisi perapian adalah cara lain untuk meningkatkan tingkat cahaya di ruang tamu kecil. Tempatkan lampu di dekatnya sehingga cahayanya dipantulkan kembali ke dalam ruangan. Ini yang akan menambah kilauan ruang dan melemparkan lebih banyak cahaya ke sekeliling ruangan.

Apa pencahayaan terbaik untuk ruang tamu kecil?

Seperti halnya ruang tamu ukuran apa pun, selalu yang terbaik untuk memilih kombinasi jenis pencahayaan yang berbeda. Hal ini untuk membuat skema pencahayaan berlapis yang tidak akan meninggalkan sudut gelap atau area bayangan.

Cahaya sekitar adalah lapisan pertama yang harus dipertimbangkan. Ini termasuk cahaya alami dari jendela serta pencahayaan latar belakang umum dari lampu di atas kepala seperti lampu gantung, lampu gantung, lampu sorot, dan trek. Pencahayaan sekitar harus dipertimbangkan sebagai dasar skema pencahayaan dan akan membutuhkan lapisan tambahan yang ditambahkan.

Pencahayaan tugas perlu ditambahkan ke ruangan untuk memberikan cahaya yang ditargetkan untuk melakukan tugas dan aktivitas, seperti membaca, belajar, dan pekerjaan hobi. Kemudian, Pencahayaan tugas dapat disediakan oleh lampu meja. Serta, lampu lengan ayun, lampu lantai, dan lampu track terarah.

Pencahayaan aksen digunakan untuk menonjolkan detail arsitektur dan fitur dekoratif. Ini dapat mencakup lampu gambar, lampu tersembunyi, lampu strip, dan lampu atas. Pencahayaan suasana hati dapat menjadi kombinasi dari semua hal di atas. Serta, digunakan untuk membuat ruang tamu terasa hangat, nyaman, santai, dan mengundang.

Bagaimana cara menambahkan Ide Pencahayaan Ruang Tamu Kecil?

Skema pencahayaan yang paling efektif adalah yang direncanakan sebelumnya. Dengan perlengkapan dan perlengkapan diperhitungkan pada tahap awal. Ini akan memungkinkan pemasangan kabel disembunyikan sebelum pekerjaan bangunan atau dekorasi dilakukan.

Namun, menambahkan lampu portabel dan plug-in ke skema yang ada adalah pilihan mudah. Hal ini yang tidak memerlukan pekerjaan pemasangan tambahan atau penyaluran keluar dari dinding untuk pemasangan kabel. Mulailah dengan menilai ruangan dan mengerjakan area di mana Anda paling membutuhkan cahaya tambahan. Meskipun cahaya sekitar yang ada mungkin cukup, mencari tahu bagaimana dan di mana Anda dapat meningkatkannya dengan pencahayaan tugas. Serta aksen, dan suasana hati adalah area utama yang perlu dipertimbangkan.

Check Also

Keuntungan Menyewa Kontraktor Listrik Profesional Saat Merenovasi Rumah Lama

Jika Anda pindah ke rumah lama, maka sangat penting untuk merenovasinya, sehingga akan aman, dan …