Breaking News

Ide kolam taman yang menenangkan dan ramah satwa liar

Sedang mencari Ide kolam taman rumah anda? Memiliki semacam fitur air di taman Anda menambahkan dimensi baru ke ruang luar Anda. Ide kolam taman menghadirkan daya tarik estetika dan ketenangan, ditambah itu adalah salah satu cara terbaik Anda dapat mendukung satwa liar setempat.

Apakah Anda memiliki halaman rumput yang luas dan hijau atau taman kota kecil, ada banyak pilihan untuk membuat kolam yang menenangkan yang dapat Anda nikmati.

Ide kolam taman

Pertama, Anda harus memutuskan apakah akan menjadi besar atau kecil, rapi dan bulat atau melengkung dan bentuk alami Apa pun yang Anda pilih saat mewujudkan ide taman ini, menambahkan kolam adalah cara yang pasti untuk membuat taman Anda lebih menarik.

Ada banyak cara untuk membuat kolam yang eye-catching yang akan memberikan nuansa klasik pada taman Anda sekaligus menyediakan habitat dan tempat berkembang biak bagi satwa liar. Celupkan kaki Anda ke dalam ide kolam taman dan tips ahli kami.

1. Ide kolam taman: Buat kolam mini darurat

Ide kolam taman

Kolam adalah ide taman satwa liar yang luar biasa, membuat rumah yang brilian untuk banyak serangga, burung, landak, dan kelelawar. Buat semuanya sangat sederhana dan buat kolam mini dengan wadah plastik bekas, tangki ikan, atau bahkan bak cuci tua seperti yang terlihat pada gambar di atas.

Ini juga bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk anak-anak. Anda dapat meninggalkan wadah di luar atau menggali lubang kecil di tanah sehingga kolam mini Anda berada di permukaan tanah.

Isi dengan pasir, batu, dan kerikil anak-anak yang bersih. Anda juga bisa menambahkan beberapa tanaman kolam dan tanjakan yang terbuat dari sepotong kecil kayu atau rotan untuk membantu hewan seperti landak dan burung masuk dan keluar.

2. Tampil formal dengan kolam dan air mancur bergaya kabupaten

kolam dan air mancur

Jika seri baru dari Bridgerton telah menginspirasi Anda untuk menghadirkan tampilan yang terinspirasi dari kabupaten ke rumah dan taman Anda, kolam bisa menjadi pilihannya. Fitur air adalah titik fokus penting untuk semua Ide kolam taman bergaya Kabupaten dan Anda juga mendapatkan manfaat dari suara air yang menenangkan.

‘Kami telah melihat setiap jenis fitur air taman selama bertahun-tahun,’ komentar Crown Pavilions. Perusahaan ruang taman dan gazebo mewah mengatakan bahwa ide kolam taman tidak harus megah untuk menjadi perhatian.

‘Membuat kolam kecil melingkar dengan satu tingkat, air mancur batu bergaya Regency akan menghadirkan sentuhan ketenangan dan keanggunan ke taman apa pun,’ kata Crown Pavilions.

3. Ide kolam taman: Gunakan air hujan

Ide kolam taman Kolam koi dengan bunga lili di tengah hujan

Manfaatkan cuaca hujan sebaik-baiknya dan biarkan kolam Anda terisi air hujan. Meskipun mungkin perlu sedikit kesabaran, tergantung pada ukuran kolam Anda, ini sebenarnya cara terbaik untuk melakukannya. Selang taman tidak diperlukan karena air keran mengandung bahan kimia yang dapat berbahaya bagi satwa liar.

4. Pasang kolam yang ditinggikan

Kolam yang ditinggikan di taman kota beraspal

Pilihan yang tidak merepotkan adalah memasang Ide kolam taman yang ditinggikan. Mereka sering datang dari kayu, batu bata, atau paving dan cukup mudah untuk dirakit.

Ini menciptakan tempat yang indah untuk bertengger dan menciptakan fitur yang mencolok. Satu hal positif lainnya adalah Anda bahkan mungkin bisa membawanya jika Anda pindah rumah!

5. Ide kolam taman: Tanam di sekitar tepi

Ide kolam taman

Tanam tanaman marginal, yang tumbuh subur di tepi kolam atau di daerah dangkal. Ini akan membantu kolam Anda untuk berbaur dengan sisa taman Anda dan terlihat seperti selalu ada di sana.

Cobalah menumbuhkan bunga mawar atau iris ungu Jepang yang kaya di beberapa tepian di sekitar kolam Anda atau di bagian yang paling dangkal. Juga, ada baiknya memikirkan tanaman mana yang akan terlihat bagus di atas kolam – Acer atau tanaman cantik dengan dedaunan mencolok akan memantulkan indah dari permukaan air dan menciptakan bayangan.

6. Jaga agar tetap dangkal untuk satwa liar

Kolam koi dengan jembatan

Ketika sampai pada seberapa dalam kolam Anda seharusnya, itu tergantung pada apakah kolam itu untuk kesenangan Anda sendiri atau terutama untuk satwa liar. Jika Anda memasang kolam untuk melengkapi ide taman berkelanjutan yang ada, Anda pasti ingin menjaga hal-hal yang relatif dangkal.

Sebuah kolam dangkal dengan beberapa penutup akan segera menarik satwa liar lokal dari kumbang air dan lebah hingga katak dan capung. Jika Anda ingin memelihara Koi di kolam Anda, mereka membutuhkan kedalaman sekitar 4-5 kaki.

7. Ide kolam taman: Buat jalan setapak kolam dengan batu loncatan

batu loncatan di atas kolam taman formal

Jika Anda mencari ide taman santai dan zen, kolam taman adalah pilihan yang sangat bagus. Untuk sentuhan menyenangkan yang juga sangat praktis untuk bergerak di sekitar taman Anda, tambahkan beberapa batu loncatan.

Ini akan menciptakan ruang luar yang super menenangkan dan imersif yang mengundang pengunjung untuk menjelajah.

8. Bangun kolam hanya untuk Anda

kolam dengan batu dengan jalur kayu ke area tempat duduk

Ide kolam taman akan memberi Anda jam kesenangan dan kesempatan untuk mengamati alam. Menurut Samantha Richards dari Gazeboshop, menambahkan fitur air yang besar adalah tentang kesenangan pribadi dan sebenarnya bisa membuat rumah Anda lebih sulit untuk dijual.

Beberapa pembeli mungkin melihat fitur seperti kolam Koi sebagai bendera merah, karena memiliki biaya pemeliharaan berkelanjutan yang signifikan, mulai dari air dan bahan kimia hingga makanan ikan dan listrik. Tidak seperti beberapa pembaruan taman yang dapat menambah nilai pada rumah Anda, seperti ruang untuk bar rumah dan ruang taman, kolam taman adalah sesuatu yang dapat Anda lakukan untuk kesenangan murni.

Kami menyukai bagaimana sebuah kolam telah dimasukkan ke dalam area tempat duduk luar ruangan dan jalur di atas.

9. Ide kolam taman: Tambahkan fitur air modern

fitur air melingkar di tepi kolam

Karena tidak ada yang menenangkan jiwa seperti tetesan air mancur yang lembut, mengapa tidak menambahkan fitur air? Mangkuk air bulat ini menghadirkan karakter dan tampilan modern.

Air mancur ini memiliki saluran kecil sehingga air dapat mengalir ke kolam Anda, menjaganya tetap teroksigenasi dengan baik.

10. Nyalakan

Ide kolam taman?: lentera dengan fitur air

Nikmati ruang luar Anda setelah senja dengan ide pencahayaan taman. Lentera, lampu hias dan lampu sorot akan bermain di permukaan kolam Anda.

Anda bahkan bisa mendapatkan air mancur LED bertenaga surya yang masuk ke kolam Anda. Ini akan menyala di malam hari dan memberikan tampilan berwarna pelangi.

Bagaimana cara membuat kolam taman sederhana?

Anda akan membutuhkan liner kolam, baik yang terbuat dari PVC atau karet, pasir pembangun, level spirit, batu atau kerikil, dan sekop atau penggali. John Dempsey, ahli berkebun dari Housetastic mengatakan Anda harus terlebih dahulu mengukur dan menandai area yang Anda inginkan untuk kolam. Gali lubang menggunakan level spiritus untuk memastikan sisi-sisinya rata dan gali sekitar 60-80cm ke bawah.

Kemudian singkirkan batu atau serpihan di dasar lubang dan letakkan lapisan pasir pembangun setebal 5-6 cm di bagian bawah. Selanjutnya, John mengatakan untuk menempatkan liner di atas pasir dan menyematkannya di sekelilingnya. Tambahkan batu atau kerikil di atas lapisan jika Anda mau, lalu tambahkan air hujan. Seminggu setelah mengisi kolam dengan air, katanya Anda bisa memperkenalkan tanaman.

Seberapa dalam seharusnya kolam taman?

Perancang taman Rosemary Coldstream mengatakan kedalaman kolam taman Anda tergantung pada apa yang ingin Anda miliki di kolam. ‘Minimum 600mm untuk bunga lili air kerdil, 800mm untuk bunga lili air standar.

‘Untuk ikan terutama koi min 1,2m lebih dari 40% dari luas tambak,’ katanya. Rosemary menambahkan bahwa Anda juga dapat memiliki kolam hias yang sangat dangkal di mana airnya mengalir ke permukaan.

Di mana tempat terbaik untuk meletakkan kolam di taman?

Kami pikir lokasi terbaik untuk kolam taman Anda adalah tempat yang cerah yang terlihat dari rumah, teras, atau konservatori Anda. Ini berarti Anda dapat menikmati menyaksikan satwa liar datang dan pergi dari dalam dengan secangkir teh, atau dari teras.

Plus, dibandingkan dengan kolam yang tersembunyi di ujung taman, akan lebih mudah untuk menjaganya. Evie Lane dari Primrose merekomendasikan Anda memilih area yang mendapat sinar matahari dan naungan sepanjang hari untuk menarik keanekaragaman satwa liar terbesar.

Sebuah tempat yang mendapat lebih dari enam jam sinar matahari langsung sehari dapat menyebabkan pertumbuhan alga berlebih, memperingatkan ahli berkebun John Dempsey. Dia juga mengatakan menempatkannya di lereng akan mendorong satwa liar untuk masuk dan keluar.

Apa yang Anda taruh di dasar kolam taman?

‘Kerikil baik untuk kolam dengan ikan; batu tulis, kerikil, dan batu akan menyembunyikan lapisan dan bagus untuk kesehatan kolam secara umum,’ kata Rosemary. Untuk kolam yang lebih formal tanpa ikan, perancang taman mengatakan Anda tidak memerlukan apa pun, terutama jika Anda menggunakan GRP hitam, karena Anda akan mendapatkan efek reflektif yang indah.

Lapisan kerikil di dasar kolam Anda dapat membantu membuatnya terlihat lebih alami dan menyediakan tempat bagi tanaman untuk menempelkan akarnya. Anda dapat menggunakan pasir, tetapi kerikil kecil kemungkinannya untuk melewati sobekan kecil di lapisan kolam.

Check Also

Ide Desain Lansekap Menakjubkan untuk Musim Panas

Nongkrong di lanskap taman yang rimbun meningkatkan mood Anda, menurunkan tekanan darahdan membantu tubuh Anda …