Breaking News

Cara Mengecat Tangga Kayu Yang Benar

Bagaimana Cara mengecat tangga yang benar? Mengecat tangga adalah pekerjaan DIY yang relatif cepat yang benar-benar dapat mengubah ruang Anda. Kabar baik jika Anda memiliki anggaran terbatas, karena ide cat selalu merupakan cara yang bagus dan hemat biaya untuk membuat lorong yang lelah terasa lebih disukai.

Dan karena tangga sering kali menjadi hal pertama yang Anda lihat saat Anda masuk (terutama di rumah bergaya Victoria), mereka pasti layak mendapatkan perhatian dan kasih sayang. Pelajari cara melukis tangga yang akan terlihat bagus selama bertahun-tahun yang akan datang dengan panduan kami.

Cara mengecat tangga

Panduan DIY dan dekorasi langkah-demi-langkah kami yang praktis akan menunjukkan kepada Anda cara mengecat tangga menggunakan cat lantai khusus untuk memberi lobi Anda kehidupan baru dengan percikan warna.

Tangga kayu yang baru dicat bisa tampil gaya apa adanya. Atau sebagai alternatif dapat memberikan kanvas segar yang sempurna untuk meletakkan pelari karpet yang mencolok. Either way, lapisan cat baru di tangga adalah ide tangga sederhana namun efektif yang akan meningkatkan dekorasi.

Cara mengecat tangga

Kiat teratas sebelum Anda memulai:

  • Mulailah lebih awal atau ketika anggota keluarga lainnya berada di taman atau sibuk di lantai bawah dan tidak memerlukan akses untuk sementara waktu. Atau mulailah setelah anak-anak tidur. Ini berarti Anda mungkin harus mengecat selama beberapa hari.
  • Faktor waktu untuk memastikan cat benar-benar kering sebelum ada orang yang menginjaknya. Karena semakin lama Anda membiarkannya kering, akan semakin sulit dipakai. Jika satu-satunya toilet Anda ada di lantai atas, Anda harus membuat rencana di sekitarnya.
  • Cat secara berurutan, jadi mulailah dari atas dan turunkan. Atau sebaliknya tergantung di mana Anda ingin menyelesaikan – Anda tidak ingin terjebak di lantai yang salah. Ini mungkin terdengar jelas, tetapi mudah untuk ketahuan.
  • Ronseal merekomendasikan untuk mengecat setiap langkah lainnya, lalu menandai langkah yang tersisa dan kembali setelah kering untuk menyelesaikannya. ‘Atau, jika Anda ingin menggunakan kayu alami, pastikan untuk menerapkan lapisan Pernis Lantai Keras Berlian Ronseal. Produk ini kering dengan sentuhan hanya dalam 30 menit dan dapat menghasilkan hasil akhir yang satin atau bening.’

Apa yang Anda butuhkan?

  • Cat Lantai Karat-Oleum Chalky Finish
  • Sander / Masker debu
  • pengikis cat
  • Pengisi kayu
  • Kuas cat
  • Larutan pembersih / Kain pembersih
  • Selotip
  • Rol cat / baki cat

1. Cara mengecat tangga: Siapkan langkah-langkahnya

Cara mengecat tangga

Singkirkan karpet tua dari tangga kayu Anda. Anda perlu memastikan permukaan dalam kondisi baik sebelum Anda mulai. Perbaiki area yang longgar atau rusak, isi penyok dengan pengisi kayu, dan ampelas bagian yang kasar untuk mempersiapkan lantai untuk pengecatan.

Bonus dari cat spesialis saat ini adalah dapat dicat langsung di atas cat atau pernis lama, jadi tidak perlu takut berjam-jam lebih banyak pengamplasan di depan Anda.

Setelah selesai, bersihkan debu dan bersihkan dengan larutan pembersih dan kain. Tunggu setidaknya satu hari untuk memastikan tangga benar-benar kering sebelum mengecat.

2. Pilih cat yang benar

Cara mengecat tangga

Baik Anda tetap menggunakan skema warna lorong yang sama di seluruh atau mengecat pelari tangga yang mencolok, pilihlah cat yang tepat. Cat Lantai Karat-Oleum Chalky Finish, di Homebase, sangat ideal.

Cat berbahan dasar air yang tahan pakai tahan benturan dan goresan. Plus itu dapat diterapkan langsung ke papan lantai kayu atau lantai beton, dan langsung di atas cat atau pernis lama tanpa membutuhkan lapisan atas.

Tip: Tape off area jika diperlukan. Jika Anda mengecat tangga dengan warna berbeda atau melukis pelari, tandai desain Anda menggunakan selotip dekorator. Bacalah tentang cara mengecat papan pinggir jika Anda ingin mengecatnya secara bersamaan.

3. Cara mengecat tangga: Mulai melukis

Sebuah tangga kayu sedang dicat dengan roller

Oleskan Cat Lantai Chalky Finish untuk memastikan tidak ada tetesan. Gunakan kuas untuk detail dan sudut di mana anak tangga dan tapak bertemu. Anda dapat menggunakan rol busa kecil untuk permukaan datar yang lebih besar.

Jangan tergoda untuk mengaplikasikan lapisan cat yang tebal. Cakupan akan bertahan lebih lama jika Anda mengecat beberapa lapisan tipis daripada satu lapisan tebal. Tunggu sampai setiap lapisan benar-benar kering sebelum menerapkan lapisan berikutnya. Bertujuan untuk minimal dua lapis, tetapi lebih mungkin diperlukan.

4. Lepaskan selotip dan bersihkan

Tangga dicat putih dengan kait yang menempel di dinding dan kotak penyimpanan

Lepaskan selotip dekorator. Setelah benar-benar kering, berikan sikat terakhir atau vakum. Kemudian berdiri kembali untuk mengagumi hasil karya Anda!

Untuk tangga yang dicat dengan cermat, padukan warna untuk memberikan tampilan yang lebih dalam. Cat naik dengan warna yang sama seperti tepi dan bannister (dalam hal ini putih), sambil menambahkan percikan warna halus ke langkah itu sendiri (dalam hal ini abu-abu muda).

Tangga lorong yang dicat dengan sekantong bunga abu-abu

Tangga yang baru dicat membuat semua perbedaan, terutama di lorong di mana kesan pertama diperhitungkan. Tentu saja karena langkah kaki yang berat di tangga, mereka akan membutuhkan lapisan cat baru setiap beberapa tahun, tergantung pada seberapa baik mereka dirawat untuk mencegah keausan yang berlebihan.

Dan begitulah cara mengecat tangga. Selamat mendekorasi untuk satu dan semua.

Saat mengecat tangga, apa yang pertama kali Anda cat?

Helen Shaw, Direktur Inggris Benjamin Moore, merekomendasikan untuk mengecat pegangan tangan dan spindel terlebih dahulu. Kemudian Anda dapat memotong tangga dengan kuas kecil, sebelum beralih ke roller. Mulai dari atas dan turun ke bawah.

Desainer senior Crown, Justyna Korczynska mengatakan, ‘Putuskan di awal apakah Anda ingin mencoba membuat lorong Anda terlihat lebih terang dan lebih cerah, atau jika Anda ingin menggunakan skema yang gelap dan dramatis. Semakin terang warnanya, semakin memantulkan cahaya yang tersedia – semakin gelap warnanya, semakin banyak cahaya yang diserapnya. Jadi jika Anda ingin membuat lorong tampak lebih besar, Anda harus memilih warna yang lebih terang.’

tangga dicat putih dan biru dengan gradien

Kredit gambar: Cat Mahkota

Haruskah Anda mengecat tangga dengan kuas atau roller?

Untuk mengecat tangga, Anda memerlukan kuas dan roller kecil.

Apakah Anda perlu mengampelas tangga sebelum mengecat?

‘Ya, gunakan amplas halus (220-grit) dan spons pengamplasan,’ kata Helen. Pasir gelendong, pegangan tangan, dan permukaan kayu lainnya untuk menghaluskannya sebelum mengecat. Sedot debu pengamplasan dan bersihkan permukaan yang diampelas dengan kain lembab.’

Check Also

5 Alasan Menarik Untuk Memulai Persiapan Bertahan Hidup

Kebanyakan orang hampir tidak tertarik untuk mempersiapkan sampai krisis melanda. Namun sayangnya, sudah terlambat untuk …