Breaking News

Cara membuat ruang tamu kecil terlihat lebih besar

Bagaimana Cara membuat ruang tamu kecil terlihat lebih besar? Kurangnya ruang dapat membuat ruang tamu terasa sempit dan penuh sesak, yang tidak ideal di ruang di mana Anda ingin mematikan, bersantai, dan bersantai. Mencari tahu bagaimana membuat ruang tamu kecil terlihat lebih besar memiliki tantangannya sendiri, tetapi dengan penggunaan warna yang cerdas, penempatan furnitur dan trik visual yang sederhana, membuat ruang tamu kecil terasa lebih luas tidak terlalu sulit untuk dilakukan.

Mulailah dengan mengamati ruang tamu Anda dengan cermat dan lama dan mencari tahu bagian mana yang berfungsi dengan baik dan bagian mana yang tidak berfungsi dengan baik. Mengkaji ulang ruang, menyingkirkan barang-barang yang tidak sesuai dengan tempatnya dan kemudian menata ulang tata letaknya, dapat melakukan keajaiban di ruang tamu kecil. Dan, tentu saja, declutter yang baik adalah cara brilian untuk mengosongkan ruang yang dapat dimanfaatkan dengan lebih baik.

Cara membuat ruang tamu kecil terlihat lebih besar

Warna adalah pengubah permainan dalam hal ide ruang tamu kecil. Menggunakan warna yang redup dan nuansa yang menenangkan dapat membantu menenangkan ruang yang sibuk dan menciptakan tampilan yang kohesif yang pada gilirannya terasa lebih lapang dan nyaman dipandang.

‘Saat memilih warna untuk ruang hidup Anda, pikirkan bagaimana Anda ingin ruang itu terasa. Mungkin pertimbangkan nada hijau yang menenangkan dan tenang atau lebih netral alami untuk menghadirkan kehangatan dan harmoni ke ruangan,’ kata Ruth Mottershead, Direktur Kreatif di Little Greene.

‘Warna cat netral mengatur pemandangan untuk harmoni dan ketenangan, sementara nada yang diredam mencerminkan alam secara paling murni dan nada lembut ini dapat menghangatkan ruang yang lebih dingin dan menghembuskan cahaya ke ruangan yang lebih gelap.’

1. Berinvestasi dalam permadani besar

ruang tamu koral dengan sofa koral dan permadani biru

Kredit gambar: Future PLC/Dominic Blackmore

Ketika datang ke permadani ruang tamu, besar lebih baik, terutama di ruang tamu kecil. Ini mungkin tampak berlawanan dengan intuisi, tetapi permadani besar dapat membantu meregangkan ruang, menarik perhatian, dan membuat area lantai terasa lebih besar. Jika permadani terlalu kecil dapat terlihat seolah-olah mengambang di tengah ruangan dan terlihat tidak sinkron dengan proporsi furnitur yang lebih besar.

Pilih permadani yang sebesar (atau bahkan lebih lebar) dari sofa Anda jika Anda bisa. Karpet berukuran besar akan berperan sebagai anchor point pada ruang tamu yang dapat membantu bagaimana menata furniture ruang tamu. Jalankan di bawah kaki ide sofa Anda untuk ruang tamu kecil serta meja kopi jika memungkinkan dan cobalah untuk meninggalkan sekitar 25-30cm di sekitar tepi ruangan sehingga Anda masih bisa melihat lantai di bawahnya.

2. Cara membuat ruang tamu kecil terlihat lebih besar: Tarik furnitur dari dinding

ruang tamu setengah dicat putih dan merah muda dengan sofa sudut netral

Kredit gambar: Future PLC/Jo Henderson

Meskipun tergoda untuk mendorong semua perabotan ke dinding di ruang tamu kecil untuk menampilkan lebih banyak ruang lantai dan membuat ruangan terasa lebih besar, itu sebenarnya dapat memiliki efek sebaliknya. Memiliki segala sesuatu yang didorong ke dinding dapat membatasi rasa ruang dan cakrawala, membuat ide ruang tamu kecil modern tampak jauh lebih kecil.

Coba tarik sofa dan kursi berlengan dari dinding untuk memberi mereka lebih banyak ruang bernapas. Solusi mudah bagaimana membuat ruang tamu kecil terlihat lebih besar, juga akan membuat ruangan terasa lebih mengundang. Tidak ada lagi ruang mati di tengah ruangan. Kelompokkan tempat duduk bersama untuk menciptakan suasana yang lebih santai dan mudah bergaul.

3. Biarkan lebih banyak cahaya masuk

Ruang tamu biru pucat dengan langit-langit putih dan tirai bergaris dan sofa pirus

Cahaya alami dapat membantu meningkatkan rasa ruang di ruang tamu kecil, membuatnya terasa lebih cerah, lebih berangin, dan jauh lebih besar. Hindari gorden tebal dan gorden padat yang menghalangi sinar matahari dan sebagai gantinya pilihlah linen ringan, voile, dan kain tipis yang akan membiarkan cahaya masuk secara maksimal.

Salah satu trik untuk ruang tamu kecil yang bisa membantu meregangkan ruang, adalah memasang tiang gorden yang lebih panjang di jendela berukuran standar. Memperpanjang tiang di kedua sisi jendela akan membuatnya tampak lebih lebar dan memungkinkan tirai ditarik kembali sepenuhnya sehingga memungkinkan cahaya ekstra masuk.

4. Cara membuat ruang tamu kecil terlihat lebih besar: Hemat ruang dengan built-in yang ramping

ruang tamu abu-abu dengan sofa cokelat dan rak ceruk bawaan

Kredit gambar: Sharps

Terlalu banyak furnitur berukuran besar dapat memenuhi ruang tamu kecil dan membuatnya terasa sempit. Memilih furnitur built-in adalah cara yang bagus untuk memanfaatkan ceruk dan ceruk yang kurang dimanfaatkan dan membebaskan ruang lantai, daripada memiliki banyak bagian yang berdiri sendiri. Cat penyimpanan built-in agar sesuai dengan warna dinding untuk menciptakan tampilan yang lebih menyatu yang juga dapat membantu meningkatkan kesan ruang di ruangan kecil.

‘Alcoves menawarkan kantong ruang ekstra di ruang keluarga, tetapi seringkali sulit untuk mengetahui cara memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya,’ kata Racheal Hutcheson, Manajer Ritel Nasional di Sharps. ‘Rak terintegrasi membantu menciptakan ruang khusus untuk memajang barang berharga Anda, apakah itu koleksi buku yang mengesankan, serangkaian foto berharga, atau sistem hiburan A/V.’ Jadi ingatlah ini ketika memikirkan ide tv ruang tamu kecil Anda.

‘Lemari yang dipasang adalah tempat yang sempurna untuk menyembunyikan barang-barang yang tidak sedap dipandang atau barang-barang yang menumpuk, membuat ruang tamu Anda tampak lebih luas. Baik itu menyembunyikan selimut atau aksesori media di ruang tamu, area yang rapi meningkatkan perasaan rileks.’

5. Mengaburkan batas

Cara membuat ruang tamu kecil terlihat lebih besar

Bungkus ruangan dengan warna, dengan mengecat dinding dan langit-langit ruang tamu dengan warna hangat yang sama. Trik yang bagus untuk ruang kecil, area berbentuk canggung atau ruangan dengan langit-langit miring, mengecat dinding, trim dan langit-langit dengan warna yang sama memastikan bahwa mata tidak tertarik ke sudut ruangan yang membantu menciptakan perasaan ruang yang lebih besar.

Jangan menghindar dari ide ruang tamu biru di ruang yang lebih kecil – biru dapat bekerja dengan baik di ruang tamu mana pun asalkan Anda memilih warna yang tepat. Ini pasti pemenang ketika melihat bagaimana membuat ruang tamu kecil terlihat lebih besar.

‘Warna di kamar yang menghadap ke utara cenderung tampak lebih rata dan lebih dingin secara konsisten daripada yang bermandikan cahaya alami,’ kata Ruth Mottershead. ‘Biru dan hijau pucat mungkin tampak dingin, jadi bereksperimenlah dengan hijau-biru yang lebih kuat untuk dampak pemanasan. Kamar yang menghadap ke selatan cenderung mengalami cahaya yang lebih hangat dan warna sering kali tampak lebih kuning, sehingga warna biru yang lebih gelap dapat digunakan untuk mencapai skema netral dengan lebih mendalam.’

6. Cara membuat ruang tamu kecil terlihat lebih besar: Tambahkan ketinggian dengan warna langit-langit yang kontras

Ruang tamu berpanel krem ​​dengan sofa dan cermin bundar tenun

Kredit gambar: Little Greene

Di ruang tamu kecil tanpa banyak sinar matahari alami, mengecat langit-langit dengan warna yang lebih terang adalah cara yang baik untuk mencerahkan ruangan dan membuatnya terasa lebih tinggi. Perluas efek di ruangan yang memiliki rel gambar, dengan mengecat area dinding di atas rel agar sesuai dengan warna langit-langit. Ini akan membuat Anda kurang menyadari di mana ujung dinding dan langit-langit dimulai dan akan menciptakan kesan ketinggian ekstra. Anda juga dapat menggunakan ide pencahayaan ruang tamu kecil untuk menonjolkan perasaan ketinggian.

7. Buka tampilan

Cara membuat ruang tamu kecil terlihat lebih besar

Kredit gambar: Future PLC/Jo Henderson

Dalam ide ruang tamu melalui lounge atau ruang tamu terbuka, hindari memposisikan furnitur di tempat yang dapat menghalangi pandangan ke area berikutnya atau melintasi ruang. Memposisikan barang-barang yang lebih besar dan perabot yang lebih besar jauh dari jalan setapak akan membantu membuka ruang lebih banyak dan membuatnya terasa lebih besar.

Gunakan meja kopi bundar dan sesekali tempat duduk di antara kursi dan sofa. Kurva jauh lebih mudah dinavigasi di ruang sempit, tanpa sudut tajam untuk dipukul.

8. Cara membuat ruang tamu kecil terlihat lebih besar: Buat titik fokus yang berbunga-bunga

Cara membuat ruang tamu kecil terlihat lebih besar

Kredit gambar: Sanderson/Style Library

Ruang keluarga bekerja paling baik jika ada titik fokus, sesuatu yang menarik perhatian Anda dan tempat di mana mata Anda tertuju saat Anda memasuki sebuah ruangan. Di ruang tanpa ide perapian ruang tamu kecil atau fitur menonjol lainnya, ciptakan titik fokus Anda sendiri dengan menempelkan satu dinding dengan cetakan yang hidup.

Pola sibuk akan menarik perhatian dan dengan memilih dinding terluas akan membantu meregangkan ruang dan membuat ruang tamu terasa lebih besar. Posisikan furnitur dalam pengaturan yang ramah sehingga wallpaper fitur menjadi pusat perhatian.

9. Gandakan untuk membawa keseimbangan

Cara membuat ruang tamu kecil terlihat lebih besar

Tingkatkan kesan ruang di ruang tamu kecil dengan menyederhanakan perawatan jendela. Jendela kecil dengan banyak gorden dan kerai dapat terlihat berat, membingungkan visual, dan membuat ruangan terasa sesak, sedangkan perawatan yang lebih sederhana akan menciptakan tampilan yang lebih ramping dan menyatu.

Perlakukan jendela berdampingan sebagai satu, dengan perawatan jendela yang mencakup seluruh area. Tirai berlipit sederhana ditempatkan pada bingkai jendela individu untuk tampilan yang rapi dan dapat dinaikkan sepenuhnya untuk membiarkan cahaya maksimal masuk. Memilih tiang tirai tunggal yang memanjang di seluruh area, hanya dengan satu tirai di setiap ujungnya, menyederhanakan efek lebih jauh dan memberikan tampilan yang lebih seimbang dan tidak rewel.

10. Cara membuat ruang tamu kecil terlihat lebih besar: Menjadi besar dengan cermin

Cara membuat ruang tamu kecil terlihat lebih besar

Ini mungkin trik lama dan banyak digunakan, tetapi penempatan ide cermin ruang tamu yang cerdas adalah cara yang brilian untuk membuat ruang kecil apa pun tampak lebih besar dari yang sebenarnya. Menempatkan cermin dinding besar di seberang jendela atau menyangga cermin lantai ke dinding, memantulkan cahaya kembali ke dalam ruangan dan menciptakan ilusi bahwa ruang lebih luas daripada yang seharusnya, membuat ruangan terasa lebih terang, lebih lapang, dan juga lebih luas.

11. Temukan warna putih yang tepat

Cara membuat ruang tamu kecil terlihat lebih besar

Kredit gambar: PLC/Colin Poole Masa Depan

Mendekorasi ruangan dengan warna pucat dan warna yang memantulkan cahaya adalah cara lain yang telah terbukti untuk membuat ruangan kecil terasa lebih besar. Tetapi daripada mengecat dinding ke dinding ruang tamu Anda dengan warna putih cemerlang, menggunakan warna putih yang lebih hangat akan terasa kurang kasar dan klinis sambil tetap mempertahankan kualitas pembesaran ruangan putih.

Di ruang tamu yang menghadap ke utara, hindari warna putih biru dan abu-abu yang bisa terasa agak gelap dan suram dan sebagai gantinya pilih warna putih dengan warna kuning atau merah yang akan mengangkat ruang dan membuatnya terasa lebih hangat dan nyaman. Ruang tamu yang menghadap ke selatan cenderung sudah mendapatkan banyak sinar matahari alami, yang dapat memperkuat efek warna putih yang lebih hangat, jadi pilihlah warna putih yang lebih dingin yang akan menyeimbangkan kehangatan cahaya alami dan menciptakan efek yang lebih seimbang.

Warna apa yang membuat ruangan kecil terlihat lebih besar?

Sementara putih adalah klasik yang dicoba dan diuji untuk membuat ruangan kecil terlihat lebih besar, itu bukan satu-satunya skema warna ruang tamu yang tersedia.

‘Netral pucat adalah pilihan yang jelas untuk mendorong ilusi ruang,’ kata para ahli di Dulux. ‘Untuk tampilan yang keren dan bergaya, pilih abu-abu muda atau putih abu-abu untuk memberikan rasa hangat dengan nuansa putih yang ringan dan lapang. Saat Anda memasangkan dinding netral pucat dengan furnitur dalam palet warna yang sama, Anda akan menciptakan kesan ruang terbuka dan mulus.’

‘Atau, mengecat ruangan dengan warna gelap menciptakan persepsi kedalaman, menyembunyikan fakta bahwa ruangan itu sangat kecil. Pertimbangkan dinding fitur gelap abu-abu kehitaman dengan aksen warna ungu atau kuning. Sementara nada biru yang kaya juga dapat memberikan daya tarik yang menenangkan, bersama dengan kedalaman tambahan.’

Pola apa yang membuat ruangan kecil terlihat lebih besar?

Garis-garis adalah pilihan yang aman yang dapat langsung membuat ruangan kecil terasa lebih besar. Pita warna lebar atau garis horizontal pada wallpaper atau panel dinding (diletakkan dengan lebar) semuanya dapat membantu membuat ruangan terasa lebih luas. Demikian pula, garis-garis vertikal sempit dan panel kayu linier akan menciptakan ilusi ketinggian dan membuat ruangan dengan langit-langit rendah terasa lebih tinggi.

Check Also

40 Ruang Tamu Sofa Hitam Dengan Tip Untuk Membantu Anda Menghias Ruang Tamu Anda

Ruang tamu sofa hitam dapat menampilkan banyak gaya berbeda, masing-masing dengan suasananya sendiri. Sofa hitam …