Breaking News

Apa itu lagging pipa dan apakah layak dilakukan insulasi?

Ingin tahu tentang lagging pipa? Pipa isolasi di rumah Anda adalah pekerjaan DIY yang terjangkau dan mudah dilakukan jika mudah diakses. Ketika datang ke cara untuk mengisolasi rumah Anda, itu adalah salah satu tugas paling sederhana yang dapat membantu mengurangi kehilangan panas.

Menurut AHLI, isolasi pipa (pada pipa panas) akan mencegah panas hilang ke area sekitarnya. Pipa yang tertinggal akan membuat suhu air sekitar 2 derajat lebih tinggi daripada tanpa insulasi pipa. Ini berarti lebih sedikit energi yang dibutuhkan untuk memanaskan air. Ini, pada gilirannya, mengurangi biaya tagihan listrik Anda dan membantu menurunkan emisi karbon rumah Anda.

Apa itu lagging pipa?

Rumah-rumah di Inggris memiliki serangkaian pipa air yang mengalir melaluinya. Lagging adalah nama umum yang diberikan untuk proses isolasi pipa-pipa ini dengan menutupinya dengan bahan isolasi di bagian luar.

lagging pipa

Kredit gambar: Future plc/Alexander James

Apa jenis lagging pipa yang ada?

1. Busa polietilen

Ini adalah lagging yang paling banyak digunakan dan populer karena harganya yang terjangkau dan mudah dipasang. Biasanya datang dalam bentuk pipa dengan celah mengalir di satu sisi dan dapat dengan mudah tergelincir di luar pipa. ‘Ini dapat digunakan untuk sejumlah aplikasi yang berbeda termasuk ruang loteng untuk mencegah pembekuan pipa dan juga pipa pemanas sentral untuk mencegah kehilangan panas,’ kata Thomas Goodman, ahli properti dan konstruksi di MyJobQuote.

2. lagging pipa: Pipa karet

Jenis lagging ini terbuat dari karet elastomer dan digunakan untuk mencegah kondensasi dan menahan pembentukan lingkungan yang lembab. ‘Karena kekuatan dan umur panjangnya, sering digunakan untuk mengisolasi pipa luar ruangan, pipa surya, dan setiap pipa yang tunduk pada suhu ekstrim,’ kata Thomas Goodman.

3. serat mineral

Terbuat dari batu atau wol mineral, cocok untuk penggunaan di dalam atau di luar ruangan. ‘Jenis insulasi ini digunakan dalam sistem pemanas, ventilasi, dan pendingin udara karena kemampuannya menahan suhu yang sangat tinggi,’ jelas Thomas Goodman.

4. lagging pipa: Pembungkus dan selotip pipa

Pembungkus pipa dapat dibuat dari sejumlah bahan yang berbeda. Tetapi berbeda dari opsi lain pada daftar di atas karena dibungkus terus menerus di sekitar pipa daripada dipasang di atas pipa dalam satu bentuk padat. ‘Pembungkus pipa umumnya jauh lebih tipis daripada bentuk lain isolasi sehingga bekerja dengan baik jika ruang sangat sempit,’ kata Thomas Goodman.

lagging pipa

Apa keuntungan dari lagging pipa?

Berikut adalah kelebihan ketika Anda mempertimbangkan cara melakukan lag pipa…

  • Mengurangi kehilangan panas: Pipa isolasi akan menghentikan panas agar tidak keluar lebih cepat dibandingkan dengan pipa yang tidak diisolasi.
  • Mencegah pipa membeku dalam cuaca dingin: Anda sering mendengar tentang pipa yang membeku di bulan-bulan musim dingin ketika suhu di luar ruangan turun drastis. Dalam skenario ini, jika pipa Anda tidak diisolasi dengan benar, pipa dapat membeku yang dapat menyebabkan pipa retak, tersumbat, dan banjir. Ini semua bisa mahal untuk diperbaiki. ‘Pipa di dinding luar atau di bawah lantai dasar sangat rentan terhadap pembekuan. Ini karena paparan suhu yang jauh lebih rendah daripada pipa yang terletak di dalam rumah,’ kata Thomas Goodman.
  • Hindari penumpukan kondensasi: Ketika air panas bersentuhan dengan udara dingin, seperti ketika air panas mengalir melalui pipa yang tidak berinsulasi, kelembapan dan kelembapan dapat menumpuk di area sekitarnya. Hal ini dapat menyebabkan jamur dan pembusukan dan dapat mempengaruhi integritas bahan di dekatnya, seperti kayu di lantai gantung.
  • Tagihan energi lebih rendah: Jika air disimpan pada suhu yang lebih hangat di dalam pipa, lebih sedikit energi yang dibutuhkan untuk memanaskan air. Ini pada gilirannya berarti lebih sedikit energi yang digunakan, yang menghasilkan tagihan yang lebih rendah. Simak cara menghemat energi di rumah.
  • Lebih sedikit emisi: Konsumsi energi yang lebih rendah, juga berarti lebih sedikit emisi untuk rumah tangga Anda. Rumah yang terisolasi dengan baik, termasuk isolasi atap dan loteng, pasti merupakan properti yang lebih berkelanjutan.

Apa kerugian dari lagging pipa?

ruang ganti ubin bermotif monokrom

Kredit gambar: Future PLC/ Colin Poole

Pertimbangkan kerugiannya sebelum memulai…

Lagging bisa sulit untuk menyesuaikan secara retrospektif

Ada beberapa kelemahan saat mengisolasi pipa. Namun jika dipasang secara retrospektif, hal ini dapat menyebabkan beberapa gangguan dan kerusakan pada rumah Anda. Misalnya jika Anda perlu mengambil lantai dan dinding untuk mengakses pipa.

Ini bisa menjadi pekerjaan yang mengganggu dan berpotensi mahal

Jika pipa rumah Anda terletak di bawah lantai Anda, Anda harus mengambilnya untuk dapat memasang lagging. Upaya mengambil lantai tidak hanya memakan waktu, tetapi juga dapat terbukti mahal. Apalagi jika Anda sudah tidak bisa menggunakan kembali penutup lantai yang sudah ada.

‘Jika Anda tidak memiliki masalah dengan kondensasi atau kebocoran yang harus ditangani, terkadang tidak ada gunanya mengisolasi pipa Anda untuk pengembalian kecil yang akan Anda lihat pada tagihan energi dan penghematan emisi,’ kata Thomas Goodman.

Check Also

10 Sistem Talang Bebas Perawatan Teratas

Apakah Anda mencari sistem talang bebas perawatan? Berikut adalah sepuluh opsi teratas. Sistem ini dikenal …