6 Pertimbangan Keamanan Kebakaran Saat Merenovasi Dapur Anda

  • kalila
  • May 02, 2023

Renovasi dapur Anda? Sekarang saatnya untuk juga mempertimbangkan seberapa aman api itu nantinya. Keselamatan kebakaran merupakan faktor penting yang perlu diingat selama proyek renovasi apa pun, terutama jika menyangkut area yang bersentuhan dengan sumber panas seperti oven, kompor, dan bahkan microwave.

Memahami alat dan strategi yang tersedia untuk menjaga agar risiko kebakaran tetap rendah dapat membantu Anda tetap aman sambil mencapai semua elemen desain cantik yang Anda impikan untuk merombak dapur Anda. Baca terus untuk mengetahui kiat terbaik kami tentang cara memastikan bahwa ruang Anda yang baru didesain ulang selalu mutakhir dengan peraturan dan standar kebakaran saat ini.

Gunakan Bahan Tahan Api

Bahan yang Anda pilih untuk sentuhan akhir, seperti ubin dan meja dapur, dapat berdampak besar pada keamanan api dapur Anda. Bahan bangunan yang paling umum tidak dirancang seperti itu tahan apijadi carilah produk yang secara khusus tahan api. Semprotan tahan api juga tersedia dan dapat diaplikasikan langsung ke permukaan bahan yang mudah terbakar untuk lapisan perlindungan ekstra.

Anda juga ingin memastikan bahwa Anda memilih bahan kayu apa pun dengan peringkat tahan api berperingkat UL. Sistem peringkat berkisar dari Kelas A (paling tahan api) hingga Kelas C (paling tidak tahan api).

Beberapa renovasi dapur mungkin memerlukan penggunaan kabel listrik. Saat menjalankan atau mengganti kabel, pastikan untuk mengikuti semua peraturan keselamatan dan hanya gunakan kabel yang telah disetujui oleh teknisi listrik profesional.

Gunakan Bahan Tahan Api

Instal Sistem Kebakaran

Memasang sistem keamanan kebakaran adalah bagian penting dari renovasi dapur. Alarm asap dapat dihubungkan untuk memberi tahu Anda segera setelah asap terdeteksi, sementara sistem penyiram akan membantu memadamkan api yang mungkin terjadi. Juga bijaksana untuk memasang detektor karbon monoksida dan alat pemadam api di dapur Anda.

Sistem keselamatan kebakaran yang paling efektif adalah yang dipelihara dan diuji secara teratur. Pilihan seperti Sistem keamanan kebakaran Allied dapat dipantau sepanjang waktu dan memberi tahu Anda tentang potensi masalah sebelum menjadi masalah serius. Anda bahkan dapat memenuhi syarat untuk mendapatkan diskon asuransi pemilik rumah Anda jika Anda memiliki sistem keselamatan kebakaran yang disetujui terpasang di rumah Anda.

Buat Penyimpanan Terpisah untuk Barang yang Mudah Terbakar

Itu normal untuk dimiliki barang yang mudah terbakar di dapur Anda, seperti minyak goreng dan kaleng aerosol. Untuk mengurangi risiko kebakaran, buatlah tempat penyimpanan terpisah untuk barang-barang ini jauh dari sumber panas. Pastikan ruang berventilasi baik agar asap tidak menumpuk, dan pertimbangkan untuk memasang pintu tahan api untuk membantu menahan potensi kobaran api.

Idealnya, semua barang yang mudah terbakar harus disimpan di area dengan dinding dan lantai tahan api, seperti gudang beton atau logam. Anda juga ingin memastikan bahwa bahan yang mudah terbakar disimpan setidaknya 18 inci dari peralatan penghasil panas.

Perluas Pintu untuk Melarikan Diri Lebih Mudah

Jika terjadi kebakaran, memiliki rute pelarian yang jelas dapat membantu Anda keluar dengan cepat dan dengan cedera minimal. Pastikan untuk memperlebar semua pintu di dapur hingga setidaknya 36 inci agar mudah dilewati. Ini juga akan memastikan bahwa furnitur atau barang lain tidak terhalang oleh pintu jika terjadi keadaan darurat.

Jika memungkinkan, pertimbangkan untuk memasang jendela di dapur yang dapat dibuka sebagai jalan keluar tambahan. Pastikan untuk memeriksa kode bangunan lokal sebelum melakukan perubahan apa pun selama perombakan dapur.

Perluas Pintu untuk Melarikan Diri Lebih Mudah

Menjaga Peralatan Bersih dan Terpelihara dengan Baik

Peralatan adalah salah satu penyebab kebakaran dapur yang paling umum, jadi penting untuk menjaganya agar tetap berfungsi dengan baik. Pastikan untuk membersihkan bagian luar alat secara teratur dan periksa tanda-tanda aus atau sobek. Anda juga harus memeriksa kabel dan kabel untuk insulasi yang robek, karena hal ini dapat menimbulkan bahaya kebakaran.

Terakhir, pastikan untuk memberikan milik Anda peralatan dapur banyak ruang untuk bernafas dengan menyisakan setidaknya tiga inci ruang di antara mereka dan bahan yang mudah terbakar. Jangan pernah meninggalkan alat apa pun tanpa pengawasan saat sedang digunakan dan selalu cabut peralatan dapur kecil saat tidak digunakan.

Pasang Range Hood

Setiap dapur modern harus memiliki range hood yang dipasang di atas kompor. Tudung asap akan membantu menarik asap dan asap dari area memasak, mengurangi risiko kebakaran. Tudung berventilasi juga membantu menghilangkan minyak dan partikel lain yang mudah terbakar saat terkena panas.

Pastikan untuk memasang tudung asap Anda sesuai dengan petunjuk produsen dan pastikan ventilasinya ke luar dengan benar. Anda juga harus membersihkan tudung secara teratur untuk mencegah penumpukan minyak.

Dapur bisa menjadi potensi bahaya kebakaran, jadi penting untuk berhati-hati saat melakukan pekerjaan renovasi. Mengikuti lima langkah ini akan membantu Anda menciptakan dapur yang aman dan indah yang tahan api dan sesuai standar. Dengan perencanaan yang matang, Anda bisa tenang mengetahui keluarga Anda aman dari bahaya.

Related Post :